FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 01-2019

    1784

    Bahas Inisiatif Digital ASEAN, Prioritaskan Bentuk Kerja Sama Publik-Swasta

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Davos, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memimpin diskusi mengenai Insiatif Digital ASEAN. Bersama pemimpin negara lain, perwakilan bisnis dan akademisi, Rudiantara membahas prioritas ASEAN di 2019 dan pengembangan bentuk-bentuk baru kerja sama antara publik-swasta untuk mewujudkan tatanan dunia baru.

    Dalam diskusi Sesi Asean Regional Strategy Group Meeting: Shaping Asean Agenda In The Global Context itu, Menteri Kominfo menjelaskan Inisiatif Digital ASEAN Forum ditujukan untuk mendukung pengembangan ekonomi digital regional yang dinamis.

    "Proyek yang diluncurkan pada April 2018 di Singapura ini sebelumnya telah membentuk lima gugus tugas yang terdiri dari para Menteri dan CEO. Masing-masing gugus tugas membahas tentang kebijakan data regional, akses digital ASEAN, upaya membangun komitmen bersama untuk meningkatkan keterampilan digital bagi tenaga kerja ASEAN, implementasi pembayaran elektronik, serta kerja sama dalam mengembangkan cybersecurity," kata Rudiantara di Hotel Morosani, Davos, Rabu (23/01/2018).

    Di sela perhelatan World Economic Forum 2018, pembahasan Inisiatif Digital ASEAN secara khusus membahas kemajuan ASEAN dan menetapkan gagasan tentang apa yang seharusnya dilakukan ASEAN di tahun-tahun mendatang.

    "Termasuk di dalamnya memahami peluang dan prioritas ASEAN, portofolio forum ASEAN di tahun 2018, dan menyelaraskan agenda dan inisiatif forum di 2019. Sebagaimana diketahui, blok ASEAN terus menunjukkan pertumbuhan ekonomi, pembangunan, dan kerja sama regional yang menjadi tantangan sekaligus peluang," ungkap Rudiantara.

    Inisiatif Digital ASEAN

    Forum Digiral ASEAN diarahkan untuk membahas tentang kebijakan data regional, akses digital ASEAN, upaya membangun komitmen bersama untuk meningkatkan keterampilan digital bagi tenaga kerja ASEAN, implementasi pembayaran elektronik, serta kerja sama dalam mengembangkan cybersecurity.

    Selain membahas kemajuan ASEAN dan menetapkan gagasan tentang apa yang seharusnya dilakukan ASEAN di tahun-tahun mendatang, dalam pertemuan di WEF 2019, membahas peluang dan prioritas ASEAN, portofolio forum ASEAN di tahun 2018, dan menyelaraskan agenda dan inisiatif forum di 2019. 

    Sesi ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kelautan Indonesia Luhut Pandjaitan yang akan berbagi tentang refleksi tentang Pemilu mendatang di Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

    Berita Terkait

    Sekjen: Manfaatkan Teknologi untuk Berikan Pelayanan Publik Prima

    Sivitas Kementerian Kominfo harus memanfaatkan teknologi digital dengan optimal agar dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, d Selengkapnya

    Pemanfaatan Teknologi Digital Jadi Perhatian Pemimpin Negara Anggota G20

    Lewat Deklarasi Bali, pemimpin negara G20 sepakat mendukung pengembangan kerangka kerja inklusi keuangan yang memanfaatkan potensi digitalis Selengkapnya

    PDN Pertama Mulai Dibangun, Kominfo Targetkan Efisiensi Layanan Publik

    PDN merupakan langkah strategis pemerintah dalam mendorong efisiensi, efektivitas, kedaulatan data negara, dan konsolidasi data nasional dal Selengkapnya

    Tahun Depan, Indonesia Akan Luncurkan Tiga Satelit

    Menteri Johnny menyatakan ketiga satelit itu akan diluncurkan tahun depan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA