FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 01-2019

    1652

    Rayuan Diskon Palapa Ring Ajak Operator ke Pelosok

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Operator telekomunikasi yang menggelar layanan sampai ke wilayah pelosok terbilang masih kecil atau sangat sedikit. Di satu sisi, pemerintah tengah menargetkan agar seluruh Indonesia merdeka sinyal pada tahun 2020. 

    Salah satu upaya pemerintah membawa operator ke daerah terpencil dengan membangun tulang punggung kabel serat optik, yakni dengan Palapa Ring. Proyek tersebut dilaksanakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menggunakan dana Universal Service Obligation (USO) yang dipungut 1,25% pendapatan kotor operator telekomunikasi. 

    Palapa Ring terbagi ke dalam tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur. Untuk barat dan tengah sudah beroperasi, sementara timur diharapkan rampung pembangunannya kuartal kedua 2019. 

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan pemerintah akan memberi diskon kepada operator siapa saja yang mau memanfaatkan Palapa Ring untuk menggelar layanan telekomunikasi di daerah pelosok. 

    "(Palapa Ring Paket Tengah) sudah ada Lintasarta dan Telkom yang narik. Pasti nanti makin lama, makin banyak," kata Rudiantara dengan optimis beberapa waktu lalu dalam kunjungan kerja di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. 

    "Skema tarifnya sama. Pokoknya pemerintah kasih diskon, diskonnya banyak dan besar. Kenapa? Agar operasinya jadi rendah, kalau rendah kita harapkan tarifnya sama di Jawa maupun di Pulau Jawa," tambahnya. 

    Dengan tarif yang diberikan pemerintah kepada operator rendah, pada akhirnya akan berdampak pada harga layanan kepada masyarakat. 

    "Tujuannya kan itu. Agar internet itu ada di mana-mana, harga jual paketnya MB sama kurang lebihnya," kata pria yang sering disapa Chief RA ini.

    Sumber berita: www.detik.com (24/01/2019)

    Pewarta: Agus Tri Haryanto

    Berita Terkait

    Perempuan Diminta Lebih Banyak Terjun ke Dunia Teknologi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong perempuan terjun ke dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lewat berbagai Selengkapnya

    Dalam 10 Bulan, Penonton Streaming Bajakan Menurun 55 Persen

    Penelitian terbaru YouGov tentang perilaku menonton konten online dari konsumen Indonesia telah menemukan adanya penurunan besar-besaran. Te Selengkapnya

    Gelar Lebaran Virtual, Kominfo Ajak Berdamai dengan Pandemi Covid

    Di tengah suasana pandemi Covid-19, Rakyat Indonesia merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Selengkapnya

    Kemenkominfo Pantau Jaringan Operator Seluler Saat Natal Dan Tahun Baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di t Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA