FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 01-2019

    1072

    Rilis Lambe Hoaks, Kemenkominfo Bantah Hanya Menangani Hoaks Politik

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Plt. Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merilis program Lambe Hoaks kemarin, Kamis (24/1/2019). Lambe Hoaks merupakan program untuk menangani berbagai hoaks yang beredar dengan pendekatan yang berbeda sehingga mendapat perhatian kalangan milenial.

    Menurut Kemenkominfo, Lambe Hoaks diluncurkan untuk menangani bermacam hoaks yang viral di media sosial, dan bukan hanya yang menyerang pemerintah. Kemenkominfo juga membantah program ini diluncurkan untuk kepentingan politik. Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu kepada Kompas.com, Jumat (25/1/2019) pagi. 

    "Hoaks lengkap, jadi bukan hanya hoaks politik, bukan hanya hoaks yang menyerang pemerintah, tapi semua hoaks yang mendapatkan viral di media sosial," kata Ferdinandus. 

    "Artinya, yang tanggapannya paling banyak. Trending topic-lah ibaratnya," ujar pria yang akrab disapa Nando itu. 

    Menjelang Pemilu Presiden atau Pilpres 2019, tak jarang serangan hoaks dialamatkan pada pemerintah. Apalagi, saat ini Presiden Joko Widodo juga maju sebagai calon petahana dalam Pilpres 2019. 

    Namun, sekali lagi Nando membantah adanya Lambe Hoaks hanya untuk melindungi pemerintah dari isu miring dan fitnah atau terkait kepentingan politik. 

    "Tidaklah, ini kita kan melihat tegak lurus dengan negara. Enggak betul (menjadi alat politik),” ujarnya. 

    Lambe Hoaks merupakan sebuah program audio visual yang dikeluarkan Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkominfo yang menyasar kalangan milenial muda.  

    Diterbitkan sekali dalam sepekan, tepatnya setiap Kamis sore, Lambe Hoaks menjadi inovasi pemerintah untuk menjangkau lebih jauh kalangan muda dalam rangka literasi digital dan media. 

    Lambe Hoaks pertama sudah diterbitkan Kamis kemarin, di berbagai kanal media Kemenkominfo, baik YouTube, Facebook, Twitter, maupun Instagram. Berita dikemas dengan gaya segar dan tidak kaku, ditambah dengan keberadaan Miss Lambe Hoaks sebagai ikon sekaligus pembawa program.

    Sumber berita: www.kompas.com (25/01/2019)

    Pewarta: Luthfia Ayu Azanella

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    Migrasi TV analog ke digital, pemerintah akan berikan bantuan alat

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan alat khusus yang akan memungkinkan untuk migrasi televis Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA