FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 01-2019

    3809

    Gelar Kompetisi Esport, Pemerintah Targetkan Gamers Tanah Air Berkelas Dunia

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara dalam Jumpa Pers mengenai Piala Presiden Esport Tahun 2019 di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/01/2019). - (KSP)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah Indonesia bakal menggelar kompetisi esport terbesar untuk pertama kalinya diadakan. Kompetisi itu ditargetkan menjadi ajang adu bakat para gamers Mobile Legend Indonesia agar bisa berkompetisi di kelas dunia.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap dapat menjadi wadah para gamers Tanah Air lebih unggul lagi ke depannya di kancah internasional. "Masyarakat dapat mendukug para gamers Indonesia. Kita punya 43 juta gamers, namun skill saja belum cukup kalau tidak didukung oleh seluruh masyarakat," ujar Menteri Rudiantara, di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/01/2019).

    Menurut Rudiantara, pemerintah berupaya membangun akses internet cepat di seluruh Indonesia agar esports bisa berkembang dan menghasilkan atlet yang berprestasi. “Kami terus mendorong kemajuan akses internet di seluruh Indonesia sehingga kompetisi Esports ini dapat digelar dan menghasilkan atlet berprestasi,” kata Rudiantara.

    Kompetisi memperebutkan Piala Presiden Esport itu akan digelar mulai Januari hingga Maret 2019. Piala Presiden Esports 2019 akan menjadi ajang tahunan guna memfasilitasi dan memberdayakan gamers dari berbagai daerah. 

    Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko mengatakan, Presiden Joko Widodo ingin suatu saat Indonesia memiliki sumber daya manusia gamers yang unggul dan berkompeten di bidang esport. 

    Menurut Moeldoko, Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus terhadap potensi generasi milenial dan gamers.

    Presiden Indonesia Esport Premier League (IESPL) Giring Ganesha mengungkapkan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2019 sebab terinspirasi harapan Presiden Joko Widodo yang menginginkan kemajuan ekosistem esports di Indonesia. 

    Game Mobile Legends dipilih karena menjadi salah permainan primadona para gamers saat ini. Dalam kompetisi yang digelar tidak hanya  mencari tim terbaik, namun juga mengadakan pembekalan pengetahuan dan berbagi pengalaman para gamers. 

    Kompetisi Piala Presiden Esport 2019 terlaksana melalui kerja sama antara Kementerian Kominfo, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kantor Staf Presiden dan Badan Ekonomi Kreatif serta IESPL.

    Penyisihan di Delapan Daerah

    Piala Presiden Esports 2019 digelar dalam dua tahapan, yaitu turnamen regional dan turnamen nasional. Turnamen regional di delapan daerah berlangsung di Palembang Sport Convention Center dan Bali Galeria Shopping Center 9-10 Februari 2019, Surabaya Town Square dan Trans Studio Mall Makassar, 16-17 Februari 2019, The Park Mall Solo dan Manado Town Square, 23-24 Februari 2019, Aston Pontianak dan Sumarecon Mall Bekasi 2-3 Maret 2019.

    Babak kualifikasi diikuti 512 pemain dari masing-masing regional. Selanjutnya, tim terbaik dari delapan kota itu akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli IESPL. Setelah itu, mereka yang lolos akan bersaing di babak Grand Final Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta pada akhir Maret 2019 yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

    Presiden IESPL Giring Ganesha mengungkapkan, Presiden Joko Widodo secara langsung menginspirasi kompetisi ini dan menginginkan kemajuan ekosistem Esports. Giring memaparkan, saat ini ada 50 juta pemain video game di seluruh Indonesia. “Perkembangan pesat ini tak lepas dari stabilnya jaringan internet di Indonesia dan meluasnya transaksi secara daring sebagai bukti pertumbuhan ekonomi digital kita,” katanya.

    PIALA PRESIDEN ESPORTS
    Situs resmi: https://iespl.id/pialapresiden
    Instagram: @pialapresidenesports
    Facebook: Piala Presiden 2019
    email: pr@iespl.id 

    **

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Akun Prokopim Pemkab Magetan Tawarkan Give Away Tebus Ponsel? Awas Hoaks!

    Unggahan terkait program give away tebus murah ponsel dari dari akun Instagram Prokopim (Protokol dan Komunikasi Pimpinan) Kabupaten Magetan Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    Jangkau Masyarakat, Pemerintah Terapkan Nilai 3E+1N dalam Kemasan Informasi

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengajak perwakilan lembaga pemerintah untuk memanfaatkan Komunitas Sohib yang telah dibentuk dibawah platfor Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA