FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 01-2019

    769

    Kawal IDEA Hub Agar Berkontribusi terhadap Pencapaian Target SDG

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Tokyo, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika memaparkan rencana aksi IDEA Hub agar dapat berkontribusi dalam pencapaian target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

    Dalam dalam 1st G20 Digital Economy Task Force Meeting yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Delegasi Republik Indonesia menyampaikan langkah lanjutan mengenai salah satu Deklarasi Menteri Digital dan Komunike Kepala Negara dalam Pertemuan di Argentina Tahun 2018.

    "Indonesia menunjukkan komitmen untuk memberikan kontribusi nyata kepada negara anggota G20. Ada tiga rencana aksi yang dibawa. sesuai dengan analisis dan rekomendasi Bank Dunia terutama berkaitan dengan G20 IDEA Hub yang menjadi kontributor pencapaian target SDG," jelas Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati di Tokyo, Jepang, Rabu (30/01/2019).

    Lis Sutjiati menjelaskan upaya Indonesia dalam melakukan terobosan dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi melalui pendekatan public privat partnership serta kebijakan afirmatif.

    "Melalui Palapa Ring yang akan beroperasi pada pertengahan tahun ini, Indonesia berupaya memeratakan akses telekomunikasi, Proyek itu menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha,' kata 

    Tak hanya itu, Staf Khusus Bidang Ekonomi Digital, menyatakan Pemerintah Indonesia juga mengembangkan kebijakan afirmatif untuk dengan membangun BTS untuk kawasan yang tidak feasible dari aspek bisnis telekomunikasi."Adapula kebijakan afirmatif yang diambil untuk mengatasi kesenjangan akses melalui program Lastmile, dengan membangun akses telekomunikasi di daerah terpencil. Pada 2025 Indonesia akan memiliki High Troughput Sattelite," tambah Lis.

    Forum pertemuan juga membahas mengenai pertukaran data antarnegara. Delri menyampaikan upaya Pemerintah Indonesia dengan melakukan revisi mengenai klasiifkasi data elektronik yaitu data elektronik strategis, data elektronik tinggi, dan data elektronik rendah.

    Dalam acara yang berlagsung mulai tanggal 30 s.d. 31 Januari 2019 itu, delegasi Indonesia mengadakan pertemuan bilateral dengan Saudi Chief National Digitalization Unit (NDU) Abdullah. 

    "Kami menjelaskan tentang Program Kolaborasi antara Indonesia dangan Kerajaan Saudi Arabia sekaligus memaparkan lingkup kerja sama," jelas Lis Sutjiati.

    Berita Terkait

    Kominfo Dorong Negara ASEAN Berbagi Pengalaman Tangani Hoaks

    Kominfo mendorong saling berbagi pengalaman di antara negara anggota ASEAN dalam menangani berita palsu, hoaks dan disinformasi. Selengkapnya

    Awas Hoaks, Pungli terhadap Pemilik Rumah Makan!

    Sebuah konten yang beredar di platform Instagram mengklaim telah terjadi tindakan Pungli atau pungutan liar oleh Satpol PP Wilayah DKI Jakar Selengkapnya

    Dirjen IKP Dukung Lulusan STMM Berkarya dan Berkontribusi untuk Negeri

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo mendukung lulusan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) tah Selengkapnya

    Esensi Informasi Harus Berbasis Fakta dan Data

    Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh menilai di tengah peradaban yang terus berkembang, esensi informasi yang dibutuhkan masyarakat harus tetap di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA