FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
29 01-2019

124

[HOAKS] Jangan Ambil Key Chain Dalamnya Ada GPS Nanti Diikuti Terus, Sampai Rumah Dirampok

Kategori Hoaks | mth

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan:
Beredar informasi melalui broadcast whatsapp yang berisi foto gantungan kunci dengan warna yang berbeda dan terdapat tulisan "Di pom bensin, mohon jangan ambil key chain ini walau dikasih gratis. Dalamnya ada GPS. Nanti diikuti terus, sampai rumah dirampok. Ada yang kena."
Saat ini banyak situs belanja online yang menyediakan gantungan kunci yang terdapat fitur GPS didalamnya. Salah satunya adalah Lotmoredeals.com.
Foto gantungan kunci yang dipajang di situs Lotmoredeals sama persis dengan gambar yang digunakan dalam pesan broadcast tersebut. Ada foto telapak tangan yang digunakan sebagai alas empat gantungan kunci dengan warna berbeda (putih, hijau, hitam, dan merah muda). Harga gantungan kunci itu sekitar Rp130 ribu. Bahkan, di sebuah situs jualbeli lokal, ada yang memberikan diskon hingga harganya sekitar Rp. 59 ribu.
Fungsi dari gantungan kunci tersebut memang sebagai pencari. Tapi, penggunaannya lebih pada agar penggunanya tak kehilangan atau jauh dari barang berharga. Misalnya, 
menempatkan gantungan itu pada tas, kantong anak-anak, atau dikalungkan pada hewan peliharaan. Alat tersebut hanya dilengkapi bluetooth dengan radius 10 meter.

Foto gantungan kunci dalam pesan broadcast tersebut merupakan informasi hoaks yang diambil dari situs jual beli online.

Link Counter:

https://radarmalang.id/daur-ulang-hoax-lama-masih-dipercaya/ https://www.jpnn.com/news/perampok-bagi-bagi-gantungan-kunci-di-spbu-masih-percaya?pa ge=2





Berita Terkait

[HOAKS] Sandiaga Uno Disarankan Untuk Ruqyah, Sepertinya Ada Sihir Yang Diarahkan Kepadanya

Selengkapnya

[HOAKS] Kecurangan Hasil Suara Pilpres Kelurahan Lesane, Maluku Tengah oleh KPU

Selengkapnya

[HOAKS] Mereka Bukan Lembaga Survei Tapi Timses Jokowi

Selengkapnya

[HOAKS] Imbauan Membawa Kertas Contekan ke Bilik Suara

Selengkapnya