FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2019

    2808

    Website BinWin Jadi Bekal Materi untuk Calon Suami-Isteri

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Pasangan pengantin memperlihatkan kartu nikah usai melaksanakan ijab kabul di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Jumat (1/2/2019). Kemenko PMK tengah menggoordinasikan website sebagai referensi bagi calon suami dan istri berdasarkan agama yang ada di Indonesia - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan meluncurkan website BinWin atau bimbingan perkawinan untuk calon suami atau isteri. 

    "Website BinWin dibuat agar bisa membimbing para calon pasangan suami istri mengerti panduan-panduan pernikahan serta aturan-aturan yang ada. Website ini dihadirkan penjelasan seberapa penting alat reproduksi manusia," jelas Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra dalam Rapat Koordinasi  Peningkatan Kesadaran Remaja dan Kelompok Usia Nikah dalam Memahami Fungsi-Fungsi Keluarga, di Jakarta, Kamis (21/02/2019).

    Menurut Ghafur, persiapan peluncuran website BinWin mendekati final. "Kementerian atau lembaga terkait sebagai pengelola website  atau admin pengelola, memasukkan dan mengawasi konten yang selanjutnya akan dibuat Surat Keputusan Kementerian Agama," ungkapnya.

    Selain itu, Ghafur merekomendasikan kepada kementerian dan lembaga terkait agar segera mengirimkan materi-materi bimbingan perkawinan kepada tim Kementerian Agama sebagai admin utama pengelola website. 

    "Penyusunan website Bimwin sangat penting jika dilihat dari sisi ketercakupan anggaran dan jangkauan yang lebih luas," ujarnya.


    Sementara, Abdul Fattah, dari Kemenag menyampikan persiapan launching Website BinWin. Menurut Fattah Website Binwin secara langsung akan mendukung Undang – Undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. 

    “Kami akan mempersiapkan admin-admin di setiap website dan mendukung berjalannya proses pembuatan Website Binwin ini. Kami juga mengharapkan aadanya fitur-fitur baru dalam website ini," tambahnya.

    Menurut Fattah, website itu tidak hanya untuk agama islam saja. "Nanti di dalam Website Binwin ini akan ada panduan pernikahan dari berbagai macam agama yang ada di Indonesia," ungkapnya.

    Rapat Koordinasi yang berlangsung di Ruang Rapat Kemenko PMK itu dihadiri perwakilan dari Kementrian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Negara PPPA, dan BKKBN.

    Sumber

    Berita Terkait

    Presiden Pastikan Cadangan Beras Terkendali untuk Stabilkan Harga

    Presiden menuturkan bahwa harga beras di seluruh negara mengalami kenaikan akibat adanya perubahan iklim dan fenomena El Nino. Selengkapnya

    Pemerintah Lindungi Pelaku Usaha Dalam Negeri dari Serbuan Produk Luar

    Pelaku usaha Indonesia harus mengikuti perkembangan dengan memanfaatkan platform niaga elektronik. Selengkapnya

    Presiden Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI

    Bertindak selaku komandan upacara yaitu Mayor Jenderal TNI Choirul Anam yang saat ini menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad. Selengkapnya

    Presiden Joko Widodo Buka Pameran INACRAFT on October 2023

    Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi penyelenggaraan pameran INACRAFT yang makin baik dan makin menarik setiap tahunnya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA