FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 02-2019

    1974

    Tingkatkan Literasi Digital, Pemprov Jambi Libatkan Kominfo dan RTIK

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jambi, Kominfo -  Pemerintah Provinsi Jambi melibatkan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Jambi.

    "Pemerintah Provinsi Jambi siap dan akan terus mengembangkan kerja sama. Bukan hanya kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Juga akan melibatkan perguruan tinggi dalam meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat, dengan didampingi oleh Relawan TIK (RTIK) yang baru saja dilantik," jelas Gubernur Provinsi Jambi, Fakhrori Umar, dalam sambutan Pengukuhan Pengurus Relawan TIK Wilayah Jambi Periode 2018-2022, di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (25/02/2019). 

    Gubernur Umar menyatakan saat ini TIK sudah menjadi alat yang memengaruhi dan membentuk kehidupan masyarakat, baik dalam aspek sosial, ekonomi maupun budaya. 

    "TIK menjadi salah satu kebutuhan utama, selain sandang, pangan dan papan, serta sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di tengah kehidupan bermasyarakat," jelasnya.

    Dalam pemanfaatan TIK, Pemprov Jambi menyatakan akan fokus untuk memperkuat sumber daya manusia dengan meningkatkan kecakapan penggunaan TIK.

    “Kita harus mempercepat proses kebijakan dengan melakukan penguatan sumber daya manusia yang berdaya saing dalam pemanfaatan TIK dan kami mendukung penuh upaya meningkatkan kemampuan masyarakat dan kecakapan dalam penggunaan TIK di dunia yang serba digital saat ini agar lebih inovatif dan produktif,” ujar Umar.   

    Acara pelantikan RTIK digelar bersamaan dengan Seminar Nasional Jambi Menuju Smart Province di Era Industri 4.0.  Dalam seminar itu, hadir Plt. Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Slamet Santoso.

    Direktur Pemberdayaan Informatika menyambut baik fokus Pemprov Jambi. Ia menyataan seluruh relawan TIK yang telah dilantik harus berperan serta dalam mendorong sektor pertanian dan UMKM guna meningkatkan hasil produksi dan taraf kehidupan masyarakat  Jambi.

    “Apalagi sudah didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jambi, yaitu dengan Gubernur Jambi sendiri yang menjadi pelindung dari  struktur organisasi Relawan TIK Jambi,” ujar Slamet.

    Acara pengukuhan dan seminar dihadiri oleh 400 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Universitas dan Lembaga Pendidikan di Kota Jambi ini dimulai dari pukul 9 hingga pukul 5 sore.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA