FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2019

    966

    Kominfo: 100 Persen Indonesia Bisa Nikmati Layanan 4G Tahun Ini

    Kategori Sorotan Media | daon001

    TEMPO.COJakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika optimistis layanan 4G LTE sudah bisa menjangkau 100 persen seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2019 ini.

    Direktur Pengembangan Pitalebar Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo, Benyamin Sura mengatakan bahwa pembangunan broadband melalui jaringan seluler bisa lebih cepat dari fixed broadband.

    "Kita harapkan tahun 2019 ini, sudah 100 persen wilayah Indonesia yang sudah bisa menikmati layanan broadband 4G LTE," tuturnya, Senin 25 Februari 2019.

    Dia menceritakan yang membuat pembangunan 4G LTE sangat cepat karena investasi lebih terjangkau dan mudah dalam instalasinya. Bahkan, operator telekomunikasi Telkomsel sudah memiliki cakupan hingga 97 persen dari total populasi penduduk pada 514 kabupaten/kota di Indonesia.

    Sementara itu, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Ineonesia (BRTI) Agung Harsono berharap layanan 4G LTE yang sudah masuk ke kabupaten/kota di seluruh Indonesia bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk mempermudah dalam melakukan aktivitas dan meningkatkan nilai ekonomi.

    "Diharapkan penetrasi broadband ini meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. Masyarakat diharapkan mamanfaatkan e-commercee-healthe-govermentdan e-learning secara optimal, agar bisa jadi enabler pertumbuhan ekonomi nasional," kata Agung.

    Dia menilai operator telekomunikasi saat ini sudah siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan layanan 4G LTE di Indonesia. Dia juga berpandangan kapasitas jaringan yang dimiliki operator seluler serta ketersediaan kartu perdana dengan teknologi 4G LTE dinilai sudah mencukupi.

    "Jika ada masyarakat yang masih belum menukarkan simcard dengan kartu 4G LTE, mereka bisa langsung menukarkannya ke gerai operator terdekat," ujarnya.

    Secara terpisah, Public Relations Manager Advan, Mohammad Ilham Pratama mengakui meratanya layanan 4G LTE berdampak positif pada penjualan ponsel pintar yang sudah mengadopsi teknologi 4G LTE. Menurutnya, Advan sendiri mengalami permintaan yang cukup tinggi pada ponsel pintar di segmen entry level.

    "Banyak masyarakat yang masih menggunakan 2G, ingin mulai mencoba layanan 4G LTE dengan segmen entry," tuturnya.

    Sumber berita : Tempo.co(25/02/19)

    Fardi Bestari

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    Kominfo digitalisasi kawasan Mandalika

    Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Kawasan Destinasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA