FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2019

    1700

    Tingkatkan Layanan, Presiden Minta Semua PNS Mendekati Masyarakat

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo mengajak seluruh jajaran PNS anggota KORPRI untuk meningkatkan  sisi pelayanan kepada masyarakat. Caranya, menurut Presiden, semua PNS harus mendekat kepada masyarakat. Hal itu perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan publik.

    “Sering ke lapangan, jadi masalahnya betul-betul bisa dikuasai, bukan terjebak pada hal-hal yang sangat administratif, sehingga manfaat layanan itu betul-betul dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Presiden saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KORPRI 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/02/2019) siang..

    Dalam kesempatan itu, Presiden mengingatkan kepada seluruh jajaran KORPRI bahwa mereka harus berlari cepat dan merespons perubahan-perubahan dunia yang begitu sangat cepatnya.

    “Semuanya selalu berubah, setiap hari berubah. Kalau kita tidak berubah, ya ditinggal. Kalau kita tidak merespons perubahan itu ya ditinggal, negara kita akan ditinggal,” tegas Presiden.

    Untuk itu, Presiden mengajak kepada semua anggota KORPRI untuk merubah orientasinya, bukan orientasi prosedur tapi orientasi hasil, prosedur mengikuti karena prosedur memang sudah kewajiban jajaran pemerintahan.

    “Bukan orientasinya prosedur, orientasinya adalah hasil, hasil yang bisa dimanfaatkan, bermanfaat bagi rakyat, bagi masyarakat, bagi negara. Orientasinya semuanya harus ke sana,” tutur Presiden.

    Menurut Presiden, para PNS (Pegawai Negeri Sipil), seluruh anggota KORPRI yang ada, ASN (Aparatur Sipil Negara) kita ini adalah para intelektual, orang pintar-pintar. Oleh sebab itu, sekarang pemerintah hanya me-manage agar gerak langkah itu satu, dari pusat sampai daerah bisa satu garis, dari atas sampai bawah satu garis.

    Presiden menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) karena dalam empat tahun ini kualitas pelayanan kepada masyarakat semakin baik.

    Presiden menunjuk contoh  misalnya urusan sertifikat yang dulunya setahun hanya mengeluarkan 500 ribu di seluruh Indonesia, tapi di 2017 sudah melompat menjadi 5 juta, 2018 melompat lagi menjadi 7 juta, dan tahun 2019 ini insyaallah akan melompat lagi menjadi lebih 9 juta.

    “Apa yang bisa saya garis bawahi dari lompatan-lompatan seperti ini? Sebetulnya kita bisa, asal kita mau. Buktinya ini, melompat sampai sepuluh kali bisa, melompatkan lagi dua belas kali bisa, lompatkan lagi empat belas kali juga bisa,” kata Presiden. 

    Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, dan Ketua KORPRI Zudan Arif Fakhrulloh.

    Berita Terkait

    Jelang Pilkada 2024, Wapres Minta Semua Pihak Jaga Nilai-nilai Demokrasi

    Apabila Pilkada dijalankan sebagaimana aturan yang ada dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, diharapkan prosesnya akan berjalan sesua Selengkapnya

    Tingkatkan Produsen Halal Indonesia-Selandia Baru, Wapres Harapkan Kerja Sama Ditindaklanjuti

    Wapres berharap akan ada tindak lanjut antara pengusaha Selandia Baru dengan pengusaha di Indonesia terkait peningkatan kemitraan untuk mena Selengkapnya

    Wapres Bahas Peningkatan Kerja Sama dengan Menteri Energi dan Infrastruktur PEA

    Wapres mengharapkan bahwa kerja sama ini tidak hanya terbatas pada lingkup universitas, tetapi juga merambah kalangan pesantren. Sehingga, p Selengkapnya

    Penyesuaian Gaji dan Pensiun Pokok ASN Mulai Maret 2024

    Penyesuaian gaji dan pensiun pokok ini merupakan penyesuaian yang dilaksanakan setelah melalui evaluasi berkala oleh Pemerintah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA