FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 03-2019

    2053

    Siapkan Kepemimpinan ASN untuk Wujudkan Indonesia Emas

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta, Kominfo - Banyak tantangan yang dihadapi dalam perjalanan menuju Indonesia Emas Tahun 2045.  Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, tujuan yang hendak dicapai negara Indonesia adalah kemakmuran. Oleh karena itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa memiliki peran merumuskan kebijakan strategis sampai pada implementasi kebijakan strategis dalam berbagai sektor pembangunan nasional. 

    "ASN harus bisa mempersiapkan diri dan menghadapi berbagai tantangan yang ada agar visi Indonesia Emas 2045 bisa terwujud. Itu semua digerakkan oleh sistem. Sistem itu ialah birokrasi yang ada di republik ini. Karena tanpa suatu dukungan  administratif ASN atau birokrasi maka tujuan negara  tidak akan tercapai," ungkap Jusuf Kalla saat menjadi Keynote Speaker pada acara Temu Nasional Ikatan Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan Nasional (IKA–PIMNAS) 2019, di Auditorium Prof. Dr. Agus Dwiyanto, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jl. Veteran Jakarta Pusat, Selasa (05/03/2019).

    Jusuf Kalla menyatakan beberapa negara ekonominya tumbuh dengan pesat, seperti China yang tiba-tiba tumbuh rata-rata 12% pada dekade yang lalu, kemudian India juga tumbuh.  Menurut Jusuf Kalla, saat ini diperlukan kepemimpinan yang bisa membawa bawahan dan masyarakat bergerak bersama mencapai tujuan. “Apa yang ingin kita tuju adalah bagaimana Indonesia bisa makmur”, kata Jusuf Kalla.

    Di tengah 400 peserta IKA PIMNAS Tingkat I dan Tingkat II, Jusuf Kalla mengatakan Pemimpin harus bisa memberikan inspirasi, berbeda dengan Kepala. “Kalau Kepala diangkat karena SK, kalau Pemimpin karena perilaku. Anda bisa menjadi kepala sekaligus pemimpin. Tapi juga Anda bisa jadi kepala tapi tidak bisa jadi pemimpin. Kepempimpinan merupakan suatu cara untuk membawa masyarakat atau bawahan bergerak bekerja menghasilkan sesuatu untuk mencapai tujuan, bagaimana pemimpin berperan dalam pengambilan keputusan dengan tepat, meskipun beresiko namun harus tetap bermanfaat,” ujarnya. 

    Menurut Wapres, dalam proses birokrasi yang sering terjadi saat ini semua pejabat sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan sehingga menimbulkan kelambatan. 

    “Tidak jarang dalam pengambilan keputusan tersebut ditemui perbedaan pendapat antara pimpinan dengan anak buah, sehingga pekerjaan tidak berjalan sesuai harapan, diperlukan peran pimpinan untuk menggerakkan dan menginspirasi anak buah agar tidak merasa diperintah tapi tetap melaksanakan tugas,” terangnya. 

    Saat ini, terang Wapres, telah terjadi perubahan kepemimpinan dan perubahan tata kerja pada level menteri karena adanya  perubahan teknologi dan sistem sehingga penyelesaian pekerjaan semakin mudah dan lancar.

    Wapres mencontohkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, telah menyelesaikan pembuatan sertifikat tanah dalam jumlah yang banyak (berjuta-juta), padahal sebelumnya sulit dan lama untuk menyelesaikan sertifikat.  

    Sementara contoh lain proses perkara di pengadilan, lanjutnya, karena mereka telah memiliki target dan menggunakan IT maka pengambilan keputusan saat ini lebih cepat.“Banyak perubahan yang terjadi sebagai contoh teknologi yang paling simple saja hampir dikantor tukang ketik tidak ada lagi, memo langsung dibuat di sms, tidak ada lagi operator telpo,  point to point sekarang hubungan itu,” imbuhnya.

    Selain itu, Wapres juga menjelaskan lebih lanjut mengenai dua tipe  kepempimpinan yaitu kepemimpinan bisnis dan kepemimpinan pemerintah birokrasi.“Perbedaanya adalah kepemimpinan bisnis utamanya adalah tujuan, bila ada aturan yang menghalangi maka aturannya kita rubah,” paparnya 

    Sebelumnya Ketua Umum IKA – PIMNAS Bambang Hendroyono, menyampaikan pentingnya kesiapan peran ASN mulai dari merumuskan kebijakan sampai implementasi kebijakan, ASN harus bisa mempersiapkan dan menghadapi tantangan agar Visi Indonesia Emas 2045 terwujud. Selain itu Bambang Hendroyono juga menegaskan bahwa ASN harus memiliki sikap integritas, profesional, netral, bebas dari intervensi politik dan bersih dari prakek KKN serta mampu menjalankan pelayanan publik dengan baik.

    Temu alumni IKA-PIMNAS 2019 dilaksanakan dengan tema Tantangan Kepemimpinan ASN dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas. Hadir mendampingi Wapres, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Ketua Lembaga Administrasi Negara Adi Suryanto, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan Guntur Imam Nefianto dan Staf Khusus Wapres Bidang  Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Syahrul Udjud.

    Berita Terkait

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    Wapres Harap Pemimpin Terpilih Membawa Indonesia Lebih Maju dan Sejahtera

    Wapres berharap agar Pemilu ini menghasilkan para pemimpin yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera. Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Kabinet Indonesia Maju Sangat Solid

    Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara guna menanggapi isu kegaduhan yang terjadi di kabinet yang dipimpinnya saat ini. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA