FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 03-2019

    1661

    Rudiantara sebut Indonesia butuh 50.000 talenta digital per bulan

    Kategori Sorotan Media | daon001

    KONTAN.CO.ID - SOLO. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan Indonesia banyak membutuhkan talenta di bidang teknologi informatika (IT) guna mengembangkan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

    Menteri Komunikasi Informatika Rudiantara menyebut berdasarkan riset McKinsey dan World Bank, Indonesia butuh 9 juta talenta digital di Indonesia.

    "Kebutuhan talenta digital tersebut sejak 2015-2030 atau 50.000 orang sebulan, namun sekarang belum terpenuhi. Kominfo mau bikin 20.000 sebulan, ekosistem dan fintech juga bikin, tapi belum terstruktur," ujar Rudiantara di sela-sela acara Fintech Goes To Campus di Universitas Sebelas Maret, Solo, Sabtu (9/3).

    Menurut perkiraan Rudiantara dalam satu tahun Indonesia bisa menghasilkan hingga 100.000 talenta digital. Padahal lanjut Dia, kebutuhannya 600.000 pertahun. Sehingga peluanganya pendidikan di bidang digital masih tinggi.

    Oleh sebab itu, Kominfo bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggaran Fintech Goes To Campus – Kolaborasi Milennial Dan Fintech Menyongsong Revolusi Industri 4.0 di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Sabtu (9/3).

    Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan selain mengelar sosialisasi, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan UNS. Lewat kerja sama ini nantinya akan ada beasiswa, program magang, pelatihan, kurikulum, dan penelitian.

    "Tujuannya bagaimana kita bisa fasilitasi universitas untuk mengembangkan, belajar, peluang, dalam mengembangkan fintech melalui generasi muda di kampus," jelas Wimboh.

    OJK dan Kominfo akan melanjutkan kegiataan ini akan terus akan dilanjutkan. Guna melanjutkan sosialisasi fintech dan inlkusi keuangan baik di kampus, kelompok masyarakat, dan segala event.

    Sumber berita ; Kontan.co(09/03/19)

    Maizal Walfajri

    Berita Terkait

    Kominfo: Satelit Satria perkuat ekonomi digital termasuk pembayaran

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan Satelit Republik Indonesia (Satria) yang ditargetkan beroperasi pada 2023, akan Selengkapnya

    Menkominfo minta Anak Indonesia Produktif, Kreatif, dan Berkarya

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong anak Indonesia untuk produktif, kreatif dan berkarya. “Saya menyampaikan kepa Selengkapnya

    5 Proposisi Indonesia soal Keamanan Data di Pertemuan G20

    Pemerintah Indonesia menyerukan kedaulatan dan keamanan data dalam pertemuan puncak dari rangkaian pertemuan G20 Digital Economy Ministerial Selengkapnya

    Menkominfo bahas strategi Indonesia untuk ekonomi digital di WEC

    Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjelaskan lansekap dunia perusahaan rintisan dan ekonomi digital di I Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA