FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
13 03-2019

325

BPIP Ingatkan CPNS Soal Pentingnya Wawasan Kebangsaan

Kategori Berita Kementerian | mth
Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono saat mengisi Forum Diskusi Orientasi CPNS Kementerian Komuniaksi dan Informatika di Ruang Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (13/03/2019) - (AYH)

Jakarta, Kominfo - Wawasan kebangsaan merupakan hal penting yang wajib dipahami seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Salah satunya ihwal pemahaman seputar Pancasila sebagai ideologi negara. 

Pesan tersebut disampaikan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono saat mengisi Forum Diskusi Orientasi CPNS Kementerian Komuniaksi dan Informatika di Ruang Anantakupa, Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (13/03/2019). 

Hariyono menegaskan, semua CPNS dari setiap kementerian, lembaga maupun institusi pendidikan, harus memahami tentang wawasan kebangsaan. Saking pentingnya, kata dia, para pendiri bangsa sudah mewanti-wanti agar tak melupakan nilai-nilai kebangsaan.   

"Kerugian terbesar bangsa Indonesia ketika dijajah ratusan tahun bukan hanya hilangnya materi dan matinya para pahlawan. Tapi hilangnya karakter dan kepercayaan diri sebagai bangsa yang merdeka,” kata Hariyono.

Hariyono lantas menyinggung soal proses seleksi CPNS kemarin. Dari dari sekian juta CPNS yang lolos wawasan kebangsaan, ternyata jauh dari angka yang diperkirakan. 

"Tidak lebih dari 20 persen. Ini kan membuktikan bahwa mereka yang gak menguasai Pancasila itu bukan sekedar orang teroris atau radikal, yang gak radikal pun tidak paham tentang wawasan kebangsaan,” beber dia. 

Haryono mengingatkan kepada para CPNS agar paham, bahwa mereka merupakan generasi bangsa yang terpilih. Termasuk mampu memahami wawasan kebangsaan. 

“Saudara-saudara ikut seleksi kemarin itu berbasis pada kompetensi. Bukan askripsi tapi prestasi sehingga masuk sebagai ASN di Kemenkominfo karena prestasi. Kita harap betul nanti saudara-saudara bisa mengubah sisa-sisa kebiasaan lama di dunia birokrasi,” pungkas dia. 

Sebelum acara dimulai, Hariyono sempat mengajak para peserta untuk mengepalkan lima jari yang sejajaran dengan bahu kanan, sebagai simbol mencintai ideologi negara. Sapaan salam tersebut dilakukan sesaat sebelum memulai forum diskusi Orientasi CPNS Kemkominfo.**

Berita Terkait

Peringati 111 Tahun Harkitnas, Menkominfo Tekankan Pentingnya Persatuan

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke- 111 Tahun d Selengkapnya

Kominfo Tingkatkan Sistem Pengawasan dan Pengendalian Perangkat Telekomunikasi

Kementerian Kominfo berupaya meningkatkan pengawasan dan pengendalian alat dan perangkat telekomunikasi. Dalam keseharian tugas itu dilaksan Selengkapnya

Tingkatkan Keselamatan dan Pendapatan Nelayan dengan Aplikasi

Perkembangan teknologi menghasilkan berbagai inovasi aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai profesi, termasuk nelayan. Aplikasi nel Selengkapnya

Gunakan Hologram, Presiden Beberkan Keberhasilan Indonesia

Presiden Joko Widodo memaparkan capaian pemerintah Indonesia dalam menjalankan program prioritas dari berbagai sektor, diantaranya pembangun Selengkapnya