FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 03-2019

    935

    Kominfo Gelar Acara Perangi Hate Speech

    Kategori Sorotan Media | daon001

    COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Jelang musim pemilu, semakin banyak masyarakat yang berkampanye menggunakan hate speech atau ujaran kebencian. "Perang" hate speech ini membuat masyarakat Indonesia terpaksa menyantap fitnah, kebohongan dan saling menjatuhkan setiap hari.

    Oleh karena itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan acara deklarasi damai anti ujaran kebencian yang dinamakan Hate Free Day di CFD Dago, Minggu (17/3/2019). 

    Acara ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia, khususnya Bandung, untuk tetap menjaga kedamaian, terutama selama musim pemilu karena perbuatan tersebut melanggar hukum. Pendapat tersebut diutarakan oleh Kasubdit Komunikasi dan Informasi Pertahanan dan Keamanan Kemkominfo, Dikdik Sadaka.

    "Saya minta warga Bandung jangan sampai melakukan ujaran kebencian melalui medsos. Kenapa? Itu udah ada hukumnya," ujar Dikdik.

    Dikdidk juga mengungkapkan Kominfo memiliki 2 langkah dalam menanggulangi hoaks dan ujaran kebencian. Yang pertama pencegahan, yaitu melalui sosialisasi, dan penindakan, yaitu dengan pemblokiran dan UU ITE.

    Dia juga menyebutkan beberapa ciri-ciri berita hoaks. Di antaranya tiak mencantumkan sumber berita dan pasti bawahnya ada tulisan sebarkan, viralkan.

    "Kalau ada yang begitu jangan langsung share," kata dia.

    Menjelang ditutupnya acara, Dikdik mengingatkan warga Bandung untuk berhati-hati dalam berucap di media sosial maupun di dunia nyata. 

    Acara ini juga menghadirkan 2 narasumber lain, yakni Kasubdit Pengawasan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Khairil dan Kepala Dinas Diskominfo Bandung, Ahyani Raksanegara.

    Senam bersama dan bintang tamu band No Hoax, beberapa cosplayer serta marching band dari Pelita Nusantara turut memeriahkan acara ini. Acara diakhiri dengan pembacaan deklarasi anti hoaks yang dibacakan bersama-sama dengan masyarakat.

    Sumber berita  :ayobandung.com(17/03/19)

    Anya Dellanita

    Berita Terkait

    Kominfo Imbau Masyarakat Pakai Tanda Tangan Digital, Apa Itu?

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau agar masyarakat mulai menggunakan tanda tangan elektronik (TTE) sebagai upay Selengkapnya

    Kominfo siapkan langkah strategis dukung AI

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung pemanfaatan kecerdasan buatan, atau artificial i Selengkapnya

    Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambet penghargaan internasio Selengkapnya

    SDPPI Kemenkominfo Emban Dua Peran Strategis di Tengah Pandemi

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo) mengemb Selengkapnya