FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 03-2019

    7631

    Peran Penting Startup Digital dalam Perekonomian Indonesia

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Sebagai bagian dari industri kreatif, keberadaan startup digital punya peran penting dalam perekonomian di suatu negara.

    Startup digital dapat melahirkan perusahaan yang berkualitas dan memberikan dampak positif dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan di masyarakat.Tidak hanya itu startup digital turut berperan dalam menciptakan lapangan kerja baru.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sempat mengatakan bahwa ekonomi digital di Indonesia akan mencapai US$ 130 miliar atau Rp 1.831 triliun pada 2020. Ini akan berkontribusi sebesar 11% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

    Tidak mengherankan bila pemerintah Indonesia begitu getol berupaya meningkatkan jumlah startup di Tanah Air. Beragam dukungan pun diberikan agar startup bisa tumbuh dan berkembang. 

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sampai menetapkan visi untuk menempatkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020, dengan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya untuk produk dan pelaku lokal. Jangan sampai kesempatan emas ini terlewat begitu saja. 

    Thinkubator

    Salah satu wujud dukungan pemerintah terhadap tumbuh kembang di Tanah Air digelarnya Thinkubator. 

    Thinkubator merupakan program yang ditujukan untuk komunitas dan pelaku startup di Indonesia. Dalam program ini, komunitas startup berkesempatan mendapat bimbingan dan ilmu baru dari para praktisi startup dari berbagai bidang dalam suatu diskusi dan workshop. 

    Peran Penting Startup Digital dalam Perekonomian IndonesiaFoto: Istimewa


    Thinkubator memberikan kesempatan untuk para startup yang ingin melangkah lebih jauh dalam memajukan usaha dan membuat impian mereka menjadi nyata, membuka koneksi, mendapatkan bimbingan dari para ahli, serta menerima pendanaan untuk startup.

    Total dana yang akan diberikan mencapai senilai Rp 3 miliar. Ði mana Rp 1,5 miliar di antaranya dalam bentuk cash! 

    Acara ini berasal dari inisiatif yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan beserta jajarannya, serta dukungan kementerian terkait. Grab menyambut baik imbauan ini dan menjadi Official Mobile Platform Partner. Sementara Transmedia sebagai media partner.

    Para startup dari seluruh Indonesia bisa mendaftarkan diri serta mengunduh proposal ide mereka di thinkubator.detik.com pada 5-21 Maret 2019. Kemudian Akan ada proses seleksi online hingga 22 Maret 2019. 

    Sejumlah 150 startup yang terpilih berhak untuk mengikuti conference dan workshop bersama para expert di bidangnya pada 28 Maret 2019. Kemudian ada 6 peserta yang akan maju ke babak Final Live Pitch yang akan diperkenalkan kepada publik. 

    Para finalis akan berhadapan dengan juri yang akan menjadi investor mereka pada 29 Maret 2019 dan acara Live Pitch akan disiarkan langsung di Transmedia.

    Segera daftarkan startupmu di Thinkubator! Informasi pendaftarannya bisa dilihat di sini.(afr/fyk)

    Sumber berita : Detik.com(17/03/19)

    Adi Fida Rahman

    Berita Terkait

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Targetkan Transformasi Digital dalam 3Tahun,Kominfo Gagas 5 Langkah

    Pandemi Covid-19 membuat transformasi digital menjadi keharusan. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah bahkan berkomitmen memper Selengkapnya

    UMKM Didorong Berbasis Digital di Era Pandemi

    Di masa pandemi, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu berpindah ke ruang digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, ba Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA