FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 03-2019

    1263

    Kominfo: Ini Istilah Tol Langit

    Kategori Sorotan Media | daon001
    National backbone network plan (Palapa Ring Project)

    Jakarta, Selular.ID – Dalam debat calon wakil president (Cawapres) yang dilakukan Minggu (17/03/19) Ma’ruf Amin, Calon wakil presiden nomor urut 1 menjelaskan tentang ‘Tol Langit’ yang kini menjadi ramai diperbincangkan warganet.Lalu apa pengertian ‘Tol Langit’ yang disebutkan Maruf Amin?Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika menjelaskan, bahwa sebenarnya yang dikatakan Ma’ruf Amin adalah hal yang mudah didengar masyarakat, jadi bukan tol yang ada di langit sebenarnya.

    “Saya cek juga tol langit itu semacam kombinasi antara palapa ring juga jaringan yang sudah dibangun oleh operator serta satelit kita nanti yang tahun 2022 yang saling terhubung,”ujar Rudiantara, di Jakarta (18/03/19).

    Dikatakan Rudiantara, hal itu akan memberikan jalan tol untuk informasi, sehingga supaya mudah dingat, Ma’ruf Amin mengistilah-kan ‘Tol langit’“Kalau ada tol laut, tol darat, maka ini tol langit sebagian,” ujar RudiantaraTol Langit ini juga disebut sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi

    Dikatakan Rudiantara pendekatan calon wakil president nomor satu itu melakukan pendekatan yang dibaratkan ‘pendekatan pasar’, yakni pendekatan dengan istilah yang mudah diingat.

    “Inget gak waktu MUI membuat fatwa MUI bagaimana umat islam harus memanfaatkan media sosial? Kan terlalu panjang. Akhirnya dia istilahkan muamalah medsosiah, kan gampang gitu. Jadi intinya begitu ‘Tol Langit,’terang Rudiantara.

    Perlu diketahui Palapa Ring merupakan suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.Palapa Ring sendiri merupakan proyek raksasa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dan tujuan Palapa Ring akan menjadi ‘tol langit’ pun sejatinya mempersatukan Indonesia.

    “Ini perintah dari Presiden dan wakil presiden untuk mempersatukan Indonesia,” ujar Rudiantara.

     Palapa Ring sendiri merupakan proyek raksasa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dan tujuan Palapa Ring akan menjadi ‘tol langit’ pun sejatinya mempersatukan Indonesia.

    “Ini perintah dari Presiden dan wakil presiden untuk mempersatukan Indonesia,” ujar Rudiantara.

     sumber berita Yuni Riadi (selular.id)

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA