FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 03-2019

    1132

    Kominfo Dua Operator Sudah Uji Palapa Ring Tengah

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Anang Latif, menyebut sudah ada dua operator telekomunikasi yang melakukan uji coba Palapa Ring Tengah yaitu PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan PT Indosat Tbk.

    "Telkom sudah uji coba, lalu Indosat juga sudah uji coba. Nanti pelan-pelan ini (Palapa Ring Tengah) akan terisi," kata Anang di kantor BAKTI Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

    Uji coba itu kata Anang disediakan gratis oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) selama tiga bulan, dimulai dari Desember 2018 hingga akhir Maret mendatang. Namun, Anang belum memastikan tarif untk penggunaan infrastruktur Palapa Ring Tengah itu.

    "Kami masih uji coba sampai akhir Maret ini, ketika Maret ini selesai, kita akan merilis harga khusus untuk Palapa Ring Tengah," tuturnya.

    Sejauh ini, baru Palapa Ring Barat yang telah resmi beroperasi sejak Maret 2018. Wilayah Palapa Ring Barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat opik sekitar 2.000 kilometer.

    Dimulai dari Dumai, Bengkalis, Siak, Tebing Tinggi, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Bembam (Batam), Tarempa, Ranai, Singkawang, Kualatungkai, dan Daik Lingga.

    Kominfo pun telah merilis tarif layanan jaringan Palapa Ring Barat yang mencakup tarif penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth dan tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark fiber.

    "Palapa Ring Barat sudah 100 persen sejak 2018, Tengah juga sudah 100 persen dan Timur baru 94,5 persen dibangun. Targetnya Palapa Ring Timur sudah bisa beroperasi pertengahan tahun 2019," terang Anang.

    Proyek Palapa Ring Jilid II dibagi menjadi tiga paket yakni Barat, Tengah dan Timur. Palapa Ring Barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau, lalu Palapa Ring Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara. Sedangkan Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua. (din/eks)

    Sumber berita : CNNIndonesia.com (19/03/19)

    CNN Indonesia

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Difabel Wujudkan Transformasi Digital Inklusif

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional untuk di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA