FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 03-2019

    1796

    Banyak Tantangan, Dirut BAKTI Kominfo Ungkap Perjalanan Proyek Palapa Ring

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Jakarta, Kominfo – Proses pelaksanaan proyek Palapa Ring rupanya bukanlah perkara enteng. Lebih dari satu dasawarsa, Kementerian Komunikasi dan Informatika bahu membahu merampungkan proyek ini.  

    Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, Anang Latif mengatakan, perjalanan proyek Palapa Ring menghadapi sejumlah tantangan. 

    Anang mengatakan, masa konstruksi Palapa Ring merupakan pekerjaan yang sebenarnya sudah harus diselesaikan oleh operator telekomunikasi, seperti Indosat dan Telkom. 

    Namun karena beberapa operator telekomunikasi yang sudah tidak lagi menjadi 100 persen BUMN pemerintah, kemudian meninggalkan sebuah pekerjaan yang telah diinisiasi sejak tahun 2005 ini.

    “Perjalanan proyek Palapa Ring yang cukup panjang ini baru bisa dilaksanakan dan akan diselesaikan pada pemerintahan Bapak Presiden Jokowi dan Bapak JK,” Kata Anang melalui sambutannya di Festival Teknologi Palapa Ring di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (20/03/2019).

    Lebih lanjut, Anang mengatakan bahwa progres Palapa Ring di bawah naungan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, cukup pesat. "Menkominfo menargetkan rampung sebelum masa Kabinet Kerja berakhir," jelas Anang.  

    "Tantangannya waktu itu cukup berat memang. Karena ini merupakan proyek pertama yang menggunakan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha)," lanjut Anang. 

    Dia lantas menceritakan bagaimana pengembangan proyek ini di era Jokowi-JK. Persisnya pada 2015. Ketika itu, peraturan seputar Palapa Ring belum lengkap. Namun perlahan tapi pasti, seluruh hal yang menyangkut legalitas proyek ini rampung berkat kerjasama lintas kementerian. 

    “Akhirnya berjalan juga proyek ini. Bahkan juga menjadi percontohan untuk sektor lainnya terkait dengan skema KPBU,” kenang Anang.

    Dalam kesempatan itu, Anang juga mengajak para pejabat serta awak media yang hadir, untuk menyaksikan secara langsung video conference bersama beberapa pejabat dan masyarakat di daerah Palapa Ring. Ada yang di Natuna, Morotai dan hingga Sorong. 

    "Semoga hari ini menjadi berkah untuk kita semua ke depan. Berkah buat industri telekomunikasi agar tetap menjadi salah satu link sektor di negara ini,” pungkasnya.**

    Berita Terkait

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kementerian Kominfo capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya Selengkapnya

    Prioritaskan RTGS SATRIA-1, BAKTI Kominfo Hentikan HBS Lebih Dini

    Saat ini anggaran proyek HBS telah dialokasikan untuk pembelanjaan terkait dengan ground segment yang akan disebar di 37.500 wilayah Indones Selengkapnya

    [Berita Foto] Pelantikan Dirut BAKTI Kementerian Kominfo

    Sebelumnya Fadhilah Mathar menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA