FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2019

    1914

    Pesan Menkominfo di Ende, Indonesia akan Merdeka Sinyal

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Ende, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengunjungi dan menyapa warga Ende, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan itu sekaligus melihat perkembangan Pembangunan Palapa Ring Timur. Menteri Rudiantara menyampaikan optimistisme bahwa Indonesia akan merdeka sinyal.

    "Itu tak lepas dari cita-cita besar pemerintah, bagaimana masyarakat di seluruh pelosok Nusantara, bisa menikmati internet dengan kecepatan tinggi. Tahun ini kita akan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Namun kita tahu kalau urusan sinyal, kita belum merdeka. Kami yakin dengan Palapa Ring, visi itu bisa terealisasi,” kata Menteri Rudiantara di hadapan masyarakat Ende, Flores, Provinsi NTT, Senin (25/03/2019).

    Menteri Kominfo menambahkan bahwa Ende masuk daerah Indonesia Timur yang menjadi prioritas pemerintah dalam membangun Palapa Ring. Itu tak lepas dari sejarah Ende yang memiliki ikatan historis kuat dengan Bapak Pendiri Bangsa, Soekarno. 

    "Dari Ende, lahirlah pemikiran-pemikiran kemerdekaan untuk menyatukan Indonesia," jelas Rudiantara.  

    Saat ini, menurut Rudiantara, masyarakat Indonesia yang tinggal di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya bisa menikmati kecepatan 4G sampai dengan 7 megabte per second atau per detik. Beda dengan yang di Papua, Maluku dan bahkan di NTT yang kecepatannya rata-rata masih 300 kilo bite per detik atau satu per 23 bit dari kota lainnya.

    “Inilah yang saya sebutkan sesuatu hal yang tidak sesuai (tidak adanya pemerataan), karena mendapatkan akses internet adalah hak segala warga negara Indonesia, dimanapun dia berada,” cetusnya.

    Oleh karena itu, Menteri Rudiantara mengatakan kedepannya tidak ada lagi perbedaan akses kecepatan internet bagi warga yang tinggal di Jakarta, dengan saudara-saudara yang ada di wilayah Timur Indonesia.

    Meskipun Indonesia dalam sisi pembangunan infrastruktur digital masih ketinggalan jauh dari negara tetangga di ASEAN, karena merupakan negara kepulauan, Rudiantara tetap memastikan semua kota dan Kabupaten akan terhubung dengan akses internet.

    “Alhamdulillah, dari mulai 2015 kami canangkan bahwa semua Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia harus terhubung dengan jaringan tulang punggung internet kecepatan tinggi,” tegas Menteri Rudiantara 

    Menteri Kominfo mengatakan, semangat membangun infrastruktur telekomunikasi ini merupakan visi dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.

    “Saya sangat sering bepergian mengunjungi daerah-daerah di wilayah Timur Indonesia karena ingin secepatnya dibangun, insya Allah pertengahan tahun 2019 ini pembangunan (Palapa Ring) di Timur terutama di Papua dan Papua Barat akan selesai,” pungkasnya.

    Kehadiran Menteri Rudiantara didampingi Wakil Gubernur NTT Josef Nai Soe dan Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira yang disambut dengan tarian khas Ende.**

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA