FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2019

    2082

    [DISINFORMASI] Seorang Pria Hidup Kembali Setelah Dikubur di Dalam Lumpur di Pontianak

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Beredar kabar di media sosial mengenai seorang pria yang disebut sudah tewas bisa bangkit lagi setelah dikubur di dalam lumpur. Pria itu dikubur setelah badannya tersetrum.

    Dari postingan yang tersebar di Facebook, terlihat seorang pria bertelanjang dada tampak mengubur korban sebagian badan dengan lumpur. Dia juga melumuri korban menggunakan lumpur tersebut.

    Faktanya, setelah pihak detikcom mengkonfirmasi kejadian tersebut

    ke Polda Kalimantan Barat, Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono mengatakan korban yang bernama Susanto mengalami kecelakaan kerja, yakni tersetrum listrik.

    "Pada saat kejadian, korban sedang melakukan pemasangan atau pengelasan kanopi di depan bengkel mobil 'Aneka Jaya' karena jarak kanopi yang dibuat terlalu dekat dengan kabel bidar utama/kabel TM (jaringan listrik) sehingga menyebabkan korban kesetrum," ujar Didi.

    Susanto langsung ditolong warga sekitar dan sebagian badannya dikubur menggunakan lumpur. Didi mengatakan tujuan Susanto dikubur itu untuk menghilangkan aliran listrik di dalam tubuhnya.

    "Adapun pertolongan pertama yang dilakukan warga sekitar setelah kejadian tersebut adalah dengan mengubur bagian tubuh korban dengan menggunakan lumpur mulai leher sampai kaki guna menghilangkan induksi aliran listrik dalam tubuh korban (ground). Setelah itu korban langsung dibawa ke Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh, kemudian dirujuk ke RS Rubini Mempawah untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," jelas Didi.

    Penguburan itu dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama. Jadi, merujuk pada penjelasan Didi, Susanto masih dalam keadaan hidup ketika setengah badannya dikubur oleh warga. Penjelasan ini menepis isu bahwa Susanto tewas tersetrum lalu hidup lagi setelah dikubur dalam lumpur.

    Link Counter :

    https://news.detik.com/berita/d-4111295/viral-pria-bangkit-dari-kubur-di-pontianak-ini-faktanya

    Berita Terkait

    [HOAKS] Gelombang Tinggi Kembali Mengamuk di Wilayah Indonesia pada 25 Maret 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kemunculan Api dari Dalam Bumi setelah Gempa di Kota Tuban

    Selengkapnya

    [HOAKS] Uang Baru Hasil Redenominasi Dikeluarkan saat Lebaran 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menhan Prabowo Subianto Sakit dan Dirawat di RSPAD setelah Selesai Kampanye

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA