FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 03-2019

    1593

    Menkominfo Ajak Pekerja Media Perangi Hoaks

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara memberikan sambutan saat pembukaan "Workshop Pendidikan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Pekerja Media Tingkat Nasional di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/3/2019). Dalam sambuatannya Menteri Komunikasi dan Informasi mengajak para pekerja media untuk bersama memerangi hoaks atau berita bohong. - (antarafoto)

    Yogyakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak pekerja media untuk melawan penyebaran hoaks. Menurutnya, hal itu sebagai salah satu wujud bela negara di dunia digital.

    "Peran media sangat penting. Peran jurnalis sangat penting untuk bisa menangkal hoaks. Ini juga salah satu bentuk bela negara di dunia digital," ungkapnya saat saat pembukaan "Workshop Pendidikan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Pekerja Media Tingkat Nasional di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/3/2019).

    Upaya penanganan dan penanggulangan hoaks memang telah dilakukan oleh Kementerian Kominfo. "Ada patroli siber Tim AIS yang melakukan verifikasi dan klarifikasi. Selain itu kami juga melakukan pendidikan atau literasi kepada masyarakat dengan Program Miss Lambe Hoaks," jelas Rudiantara.

    Hasil pantauan Tim AIS, menurut Menteri Rudiantara, selama Februari 2019 Kementerian Kominfo menemukenali sebanyak 353 isu hoaks. Tiga besar konten hoaks berkaitan dengan politik, pemerintahan,  dan kesehatan.

    “Mungkin karena menuju pesta demokrasi sehingga banyak hoaks terkait politik. Seharusnya demokrasi itu fun. Karena itu Pemilu harus fun. Disinilah peran jurnalis sangat penting untuk bisa menangkal hoaks,” katanya.

    Dalam workshop bertema "Membangun Sumber Daya dengan Disiplin Nasional” itu, Menteri Kominfo menyatakan Pemerintah berupaya menghubungkan Indonesia dengan internet kecepatan tinggi. 

    "Selain memperluas jaringan internet di desa, juga menghubungkan internet berkecepatan tinggi di sekolah, puskesmas dan lainnya. Bagaimana cara menghubungkannya, yakni dengan Palapa Ring,” ujarnya. 

    Bahkan, saat ini tengah disiapkan rencana untuk membangun satelit milik pemerintah agar bisa menjangkau semua desa. "Saya berharap, tahun 2022 nanti satelit sudah ada dan bisa melayani seluruh desa di Indonesia," jelasnya seraya mengajak untuk memanfaatkan internet dengan bijak. 

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA