FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 03-2019

    1537

    Peran Utama Ibu Sebagai Manajer Teknologi Keluarga

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Jakarta, Kominfo – Perempuan memegang peranan penting dalam mengantisipasi dampak tingginya penetrasi teknologi di kalangan generasi muda. Pasalnya, penggunaan gawai oleh anak-anak kerap melebihi batas kewajaran. Oleh karena itu, ibu dapat memainkan peran penting sebagai manajer teknologi dalam keluarga.

    “Kita berikan gadget sebagai sarana komunikasi anak. Tapi anak-anak kalau sudah addict dengan gadget kadang lupa waktu, lupa tugas-tugasnya. Harus diatur oleh ibu. Ibu adalah manajer teknologi dalam keluarga,” papar Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Ditjen Aptika Kemterian Kominfo, Mariam Fatima Barata, dalam Diskusi #SisterBerbicara Digital Parenting ‘Anakku, Internet, dan Gadget’ di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (28/03/2019).

    Mariam Barata mengingatkan pentingnya mendampingi anak saat bermain gadget dan memasang parental control pada gadget anak. “Kalau sudah memberi gadget ke anak, pasang parental control supaya konten-konten negatif ngga masuk ke gadget anak. Damping anak-anak bermain, batasi waktu bermain dengan alat gadgetnya,” tegas Direktur Mariam.

    Menurutnya, penting bagi keluarga untuk sesekali berhenti menggunakan gadget untuk fokus menghabiskan waktu bersama keluarga. “Sekali-sekali digital detox, pergi liburan sama keluarga. Satu hari ngga pake HP sama sekali, ngga baca e-mail, ngga buka WhatsApp, ngga buka Facebook. Hidup jangan tergantung gadget”.

    Dalam kesempatan tersebut Mariam Barata juga mendorong generasi muda memanfaatkan teknologi untuk mengasah kreativitas, salah satunya dengan melahirkan start-up yang dapat membawa solusi permasalahan masyarakat melalui teknologi digital.

    “Kita selalu mendorong generasi milenial bukan hanya update status di media sosial, tetapi juga terus melakukan kreativitas. Kita menyediakan program yang namanya 1000 Startup, tujuannya untuk menciptakan generasi muda menjadi startup-startup,” jelas Mariam.

    Berita Terkait

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Kunjungi Manggarai Timur

    Menteri Johnny akan berkunjung ke Kantor Bupati di Borong dan BTS Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur. Selengkapnya

    Pertemuan Ketiga DEWG G20 Labuan Bajo Terapkan Prokes Ketat

    Sistem bubble diberlakukan, untuk membatasi kontak antarorang yang beraktivitas pada kegiatan G20 dengan orang di luar atau dengan kelompok Selengkapnya

    Menteri Johnny Akan Pantau Layanan Telekomunikasi di Jalur Mudik

    Kementerian Kominfo terus melakukan koordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi untuk menyiapkan bandwidth yang cukup agar masyarakat dap Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA