FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 04-2019

    1389

    Menko Luhut Dorong Masyarakat Manfaatkan Teknologi

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (kiri) memberikan bantuan jaring kepada nelayan pada acara Temu Wicara bersama Nelayan di Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (29/3/2019). Dalam pertemuan tersebut, Luhut mengajak para nelayan untuk menjaga kebersihan Pelabuhan Muncar, terutama sampah plastik yang mencemari laut karena daerah tersebut memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisata daerah. - (antarafoto)

    Banyuwangi, Kominfo - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mendorong generasi muda dan masyarakat untuk menciptakan dan memanfaatkan teknologi yang disediakan oleh perusahaan rintisan (start up digital). 

    “Anak-anak muda ini saya dorong untuk membuat start up dan aplikasi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Kami, pemerintah akan menyiapkan infrastrukturnya. Saya yakin usaha ini bisa menjadi besar tetapi kita harus tetap menjaga bisnis ini,” ujar Menko Luhut saat bertemu dengan pendiri dan CEO Warung Pintar, Agung Bezharie dan Harya Putra dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jumat (29/03/2019).

    Pemanfaatan teknologi juga disampaikan Menko Luhut saat melakukan temu wicara dengan nelayan dan tokoh masyarakat di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi.

    “Teknologi harus dimanfaatkan seperti Warung Pintar itu, tadi saya diberi penjelasan bahwa warung pintar ini juga bisa model untuk Bapak Ibu berbisnis. Di Jakarta, muslimah majlis taklim di Fatayat itu juga mengorganisir hal ini dan sudah berjalan,” jelas Menko Luhut.

    Pada kesempatan tersebut, Menko Luhut mencontohkan teknologi aplikasi yang bisa membantu para nelayan dalam mencari ikan dan memasarkan tangkapan mereka dengan menggandeng mitra perbankan dan logistik, yaitu Aruna. Aruna menurut Menko Luhut mulai tumbuh menjadi besar.

    “Pada tahun 2015 valuasinya itu belum besar, sekarang dia sudah bicara USD 5 juta, tapi setelah dipaparkan semuanya ternyata bisa jutaan dolar,” kata Menko Luhut.

    Kepada para nelayan Menko Luhut menjelaskan pemerintah akan membantu semaksimal mungkin untuk memajukan teknologi aplikasi ini, seperti dengan Aruna ini, ternyata hambatan mereka adalah proses distribusi ikan-ikan tersebut, lalu masalah ini bisa dipecahkan dengan bantuan pemerintah.

    Warung Pintar mendigitalisasi warung-warung kecil ditingkatkan kualitasnya sedemikian rupa agar berdaya saing saat harus berhadapan dengan ritel-ritel modern. Aplikasi yang dikembangkan untuk sektor ritel itu telah beroperasi di Banyuwangi sejak akhir tahun lalu.  Menurut Agung lebih dari 46 persen mitra nya adalah perempuan atau ibu-ibu yang menjalankan warung sebagai sambilan tetapi bisa memberi penghasilan. 

    Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan aplikasi ini juga diharapkan dapat memasarkan produk-produk lokal Banyuwangi ke luar wilayah tersebut. Bahkan, Azwar Anas menyatakan Pemkab Banyuwangi tengh menyiapkan pembukan pabrik kereta api terbesar di Banyuwangi dengan investasi dari Swiss dan Jerman yang diharapkan dapat menyerap ribuan tenaga kerja.

    “Untuk menyiapkan tenaga kerjanya kami akan segera membangun sekolah kejuruan khusus kereta api dan perguruan tingginya. Dengan begitu kami masyarakat Banyuwangi dan anak-anak para nelayan ini juga bisa bekerja di pabrik tersebut, bukan hanya menjadi penonton,” kata Bupati Anas.

    Berita Terkait

    Presiden Sapa Masyarakat dan Pedagang di Pasar Melonguane Talaud

    Presiden pun kemudian berkeliling di area pasar seraya menyapa para pedagang sekaligus mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok. Selengkapnya

    Aturan Pemerintah Harus Ikuti Perkembangan Teknologi

    Menteri Zulkifli Hasan mengapresiasi program VID 2045 yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selengkapnya

    Jaga Ketahanan Perekonomian Nasional, Pemerintah Ajak Mahasiswa Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital

    Para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa dan ujung tombak perubahan, memiliki potensi untuk mengubah wajah ekonomi Indonesia lebih baik k Selengkapnya

    Wapres Minta Masyarakat Gunakan Hak Suara dalam Pemilu 2024

    Keterlibatan lebih banyak pemilih juga akan meningkatkan pengakuan masyarakat terhadap hasil pemilu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA