FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 04-2019

    1081

    Frekuensi Penanganan Bencana Diuji Coba Jelang Ramadan

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Tim Terra dari Telkomsel melakukan perbaikan pada salah satu base transceiver station (BTS) yang terdampak gempa di Sulawesi Tengah - Telkomsel

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana menguji coba penggunaan pita frekuensi 700 MHz untuk keperluan penanggulangan bencana. Uji coba dijadwalkan digelar jelang Ramadan.

    Selama ini, pita frekuensi 700 Mhz  masih digunakan untuk siaran televisi analog. Pemerintah terus menggodok mengenai rencana digitalisasi televisi sehingga televisi dapat menggunakan frekuensi yang lebih baik. 

    Aryo Pamoragung, Kepala Subdirektorat Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat, Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan rencananya sebelum puasa Kemenkominfo akan menggelar uji coba frekuensi 700 Mhz untuk keperluan penanggulangan bencana.

    “Ya, Kominfo sedang merencanakan uji coba frekuensi 700 Mhz [sebelum puasa] untuk keperluan penanggulangan bencana,” kata Aryo kepada Bisnis, Kamis (4/4/2019).

    Aryo menambahkan rencananya 1/3 frekuensi 700 Mhz akan digunakan untuk telekomunikasi, kebencanaan dan lain-lain. Sementara itu, 2/3 frekuensi di 700 Mhz akan digunakan untuk televisi analog dengan mengubahnya dahulu ke sistem digital.

    “Dengan mengubah ke sistem siaran digital akan memiliki kualitas dan kapasitas yang lebih baik dibandingkan dengan analog,” kata Aryo.

    Sebelumnya, wacana tentang pemanfaatan saluran untuk penanggulangan bencana sudah lama disuarakan oleh Menkominfo Rudiantara.

    Dia mengatakan bahwa pemanfaatan frekuensi 700 Mhz untuk bencana tidak perlu menunggu selesainya pengesahan revisi Undang-Undang (UU) Penyiaran, pasalnya akan digunakan untuk keperluan darurat yaitu penanggulangan bencana.

    Rudiantara menerangkan frekuensi 700 Mhz merupakan strandar dunia untuk Public Protection and Disaster Relief (PPDR). Penanganan bencana tersebut harus terkoneksi dengan dan berlanjut antarnegara. 

    Sumber Berita: Bisnis.com

    Berita Terkait

    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabu Selengkapnya

    Kemenkominfo Sediakan 50.000 Beasiswa Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 2020 menyediakan 50.000 beasiswa digital, untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber Selengkapnya

    Menkominfo Dukung Pengembangan Start-up Umrah Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjelaskan tentang pengembangan perusahaan rintisan (start-up) aplikasi umrah di Selengkapnya

    Penetapan Frekuensi Jaringan 5G Usai Event WRC pada Oktober 2019

    Indonesia akan menetapkan frekuensi jaringan Internet generasi kelima atau 5G setelah pelaksanaan Konferensi Komunikasi Radio Dunia (WRC) ya Selengkapnya