FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 04-2019

    3242

    Yayasan Next Indonesia Unicorn (NextICorn) Resmi Dibentuk

    SIARAN PERS NO. 72/HM/KOMINFO/04/2019
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 72/HM/KOMINFO/04/2019

    Jumat, 5 April 2019

    Tentang

    Yayasan Next Indonesia Unicorn (NextICorn) Resmi Dibentuk

    Jakarta, 5 April 2019 – Untuk memastikan kelangsungan Program Next Indonesia Unicorn (NextICorn) yang telah mencetak keberhasilan selama ini, bertempat di Greenhouse, Multivision Tower, Jakarta, Jumat (05/04/2019) pagi tadi telah dilaksanakan penandatanganan Akta Yayasan NextICorn oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Kepala Badan Koordinasi Penananaman Modal Thomas Lembong. Acara itu dihadiri oleh anggota board Nexticorn antara lain Staf Khusus Menkominfo Lis Sutjiati, Rambun Tjajo, Donald Wirahardja, David Rimbo, Rudy Ramawy, dan Italo Gani, yang juga dikenal sebagai tokoh-tokoh di industri ekonomi digital. Hadir pula Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan dan Kepala Biro Perencanaan Setjen Kementerian Kominfo Arifin Lubis yang turut menyaksikan jalannya acara penandatangan akta.

    Yayasan NextICorn didirikan dengan tujuan untuk melembagakan keberlangsungan kerja sama antara pemerintah dengan ekosistem yang diwakili oleh tokoh-tokoh yang telah memberikan  warna bagi wajah ekonomi digital di Indonesia melalui program-program NextICorn selama ini, termasuk para founder dari Unicorns Indonesia yaitu William Tanuwijaya dari Tokopedia, Nadiem Makarim dari Gojek dan Achmad Zaky dari Bukalapak. 

    Pembentukan yayasan menunjukkan semangat pemerintah untuk menjadi fasilitator, menjadi pendorong bagi pemangku kepentingan untuk membangun  ekosistem digitalnya sendiri, yang pada gilirannya akan menjadi penopang utama bagi tumbuhnya ekonomi bangsa secara keseluruhan.

    Dalam sambutannya Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan pembentukan Yayasan NextICorn menunjukkan bahwa para tokoh dalam ekosistem ini bekerja dengan hati. "Bukan hanya berorientasi kepentingan dan keuntungan jangka pendek masing-masing. Langkah mendirikan yayasan merupakan bagian dari proses pembangunan ekosistem jangka panjang yang berkelanjutan sehingga industri ekonomi digital dapat berkembang lebih cepat dan lebih baik," ujarnya.

    Menteri Rudiantara mengharapkan Yayasan NextICorn akan memfasilitasi startup Indonesia. "Diinisiasi oleh industri, dijalankan oleh industri, dan untuk Industri, kedepannya Yayasan NextICorn diharapkan akan mampu memfasilitasi startup Indonesia menjadi unicorn, dan terus dikembangkan untuk memfasilitasi unicorn menjadi decacorn,” harapnya. 

    Fasilitas yang disediakan oleh NextICorn tidak hanya dalam hal akses bertemu dengan Ventur Capital (VC) idaman, namun juga membuka kesempatan pendanaan, teknologi, pemasaran, maupun dukungan model usaha. Boardsepakat bahwa pembentukan yayasan adalah langkah tepat untuk mengelola dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya untuk memfasilitas percepatan lahirnya unicorn-unicorn Indonesia yang baru. 


    Senada dengan Menteri Kominfo, Kepala BKPM Thomas Lembong juga menyampaikan optimismenya tentang keberadaan Yayasan NextICorn, “Yayasan ini adalah kendaraan bagi startup untuk bisa tumbuh dan meminimalisasi efek dari fenomena ‘buble burst’. BKPM akan berpartisipasi aktif, tidak hanya menjadi pembina yayasan, namun juga membantu dari segi sponsorship maupun dukungan-dukungan lainnya,” tuturnya.

    NextICorn, atau Next Indonesia Unicorn, adalah sebuah kerjasama antara industri (swasta) dan pemerintah yang mencari startup-startup terbaik di Indonesia yang siap menerima investasi baik asing maupun dalam negeri. Dibentuk tahun 2017 berdasarkan gagasan bersama, diawali dengan inisiai Menkominfo di tahun 2015 memutuskan untuk mengajak lima perusahaan startup Indonesia yang kala itu baru berkembang – Gojek, Tokopedia, Traveloka, MatahariMall, dan Kaskus-- ke Silicon Valley dan memperkenalkannya kepada para pemimpin dan investor digital tingkat satu di sana. Sejak saat itu, NextICorn terus mencari calon-calon unicorn baru di Tanah Air, dan menemui para calon investor asing di luar negeri, seperti di Amerika Serikat, China, Singapore, Korea Selatan dan Jepang. 

    Tahun 2018, NextICorn menggelar dua pertemuan internasionalnya di Bali. Pada kedua-dua pertemuan NextICorn berhasil memfasilitas masing-masing lebih dari 1,000 pertemuan one-on-one dalam 2hari antara 100 most investable startups Indonesia yang sudah dikurasi dengan 125 pemodal ventura berkaliber atas  baik asing maupun dalam negeri. Ke depannya, melalui Yayasan NextICorn, akan lebih banyak dihadirkan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan keberadaan startup calon unicorn yang baru melalui kegiatan recruitment, konvensi, hingga summit.

    Pencapaian NextICorn juga telah mendapat pengakuan dari dunia asing. Dirjen Aptika Kominfo Semuel A. Pangerapan menyampaikan bahwa program NextICorn telah menjadi program ASEAN, dan sudah menerima permintaan benchmark dan adopsi dari beberapa negara di antaranya Korea, Singapore, Amerika Serikat, dan Arab Saudi.

     

    Tentang NextICorn

    NextICorn (Next Indonesian Unicorns) platform streamlines and promotes Indonesia's most investable startups to all sources of investment, both local and foreign. Its vision is to create the next Indonesian unicorns under the joint key initiative by the ICT Ministry, AMVESINDO and world class professional service firms Ernst & Young to promote the growth of Indonesia’s digital sector – which has attracted over USD 4 billion in investment into early-stage companies in 2017, a figure that has grown 60-fold over the past 5 years.

     

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA