FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 04-2019

    1725

    Meriahkan Pesta Demokrasi, Kominfo Dukung KLINGKING FUN

    SIARAN PERS NO. 83/HM/KOMINFO/04/2019
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 83/HM/KOMINFO/04/2019

    Senin, 15 April 2019

    Tentang

    Meriahkan Pesta Demokrasi, Kominfo Dukung KLINGKING FUN

      

    Menyambut pesta demokrasi tanggal 17 April mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Ekonomi Kreatif mendukung ratusan pengusaha yang menggelar Pesta Diskon Antigolput, KLINGKING FUN.

    “Tujuan KLINGKING FUN ini adalah bagian dari promosi untuk mengajak masyarakat berpartisipasi melakukan pencoblosan memilih di TPS (Tempat Pemungutan Suara, red). Kita berharap makin banyak yang ikut nyoblos di TPS pada 17 April,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam Konferensi Pers Pesta Diskon Antigolput KLINGKING FUN di Hotel JS Luwansa, Senin (15/42019).

    Menurut Menteri Rudiantara menjelaskan saat ini terdapat 192 juta calon pemilih yang sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 2019. 

    “Sudah ada 192 juta calon pemilih yang sudah terdaftar, ayo sukseskan Pemilu Indonesia. Persentase pemilih kita lebih banyak dari Amerika, yang sama-sama negara demokrasi. Ini pesta politik, selayaknya pesta harus gembira dan fun. Selain untuk memilih kita juga dapat fun dengan belanja,” jelasnya.

    Kementerian Kominfo diakui oleh Menteri Rudiantara sudah menyiapkan program ajakan untuk mensukseskan pemilu salah satunya melalui KLINGKING FUN.

    “Salah satu ukuran sukses pemilu adalah jumlah pemilih yang sebanyak-banyaknya. Melalui KLINGKING FUN ini diharakan banyak partisipan yang datang ke TPS untuk memilih,” ujar Rudiantara.

    Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf program itu diawali dari kegelisahan akan Pemilu tanggal 17 April yang mendorong orang untuk libur panjang.

    “Ada kegalauan bahwa akan banyak orang yang akan libur panjang, namun kita lihat perkembangan di luar negeri dimana warga antusias memilih. Bahkan beberapa orang yang sudah merencanakan berlibur kemudian diundur perginya setelah nyoblos. Adanya KLINGKING FUN ini akan menggairahkan dunia perdagangan Indonesia,” tambahnya.

    Pesta Disko AntiGolput

    KLINGKING FUN adalah program pemberian diskon khusus untuk para pemilih yang telah mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. Pesta diskon Pemilu KLINGKING FUN menyasar 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019.

    Program itu melibatkan lebih dari 250 brand dan jaringan retail ternama mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema dan banyak lainnya seperti Tokopedia, Sogo, Sushi Tei, Cinema XXI, Ace Hardware dan lainnya.

    Brand partners yang tergabug dalam program KLINGKING FUN ini berasal dari brand lokal maupun internasional, di beberapa daerah brand lokal juga ikut berpartisipasi. Event itu pun didukung Jaringan 107 Radio Peduli Pemilu. 

    Pengusaha Nasional Sofjan Wanandi mengatakan setelah tujuh bulan masa kampanye dirasakan perlu adanya keterlibatan masyarakat dalam pemilu agar tidak golput. Caranya menurut dia dengan memberi insentif agar mau datang ke TPS kemudian bisa bergembira kembali.

    “Kita pikirkan agar masyarakat gembira. Tujuan utama KLINGKING FUN ini adalah agar masyarakat jangan golput, kedua agar semua bergembira dengan adanya pemberian diskon untuk beragam produk dan belanja. Saya juga berterima kasih kepada pengusaha yang tidak hanya memberi diskon tapi juga memilih dan menentukan sikap melalui Pemilu,” jelasnya.

    Tingkat Partisipasi pemilih dalam Pemilu sebelumnya semasa Era Reformasi tergolong sangat tinggi yaitu 84% dalam Pemilu 2004, Pemilu 2009 71%, dan 74% dalam Pemilu 2014 lalu. Komisi Pemilihan Umum menargetkan pada tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 mencapai 77.5%.

     

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 271/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Berantas Judi Online, Pemerintah Segera Bentuk Gugus Tugas Terpadu

    Pembentukan gugus tugas itu bertujuan menyelesaikan permasalahan judi online secara lebih menyeluruh dengan mempertajam koordinasi antarkeme Selengkapnya

    Siaran Pers No. 270/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Butuh 4 Juta Talenta, Menteri Budi Arie Ajak Industri Cetak Ahli Keamanan Siber

    Bagi dunia usaha, implementasi keamanan siber dapat memberikan perlindungan dari ancaman pencurian dan kebocoran data. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Kolaborasi Perkuat Tata Kelola Keamanan Siber Nasional

    Menteri Budi mendorong kolabrasi dalam mengembangkan tata kelola keamanan siber, khususnya di sektor industri. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 268/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Harap Kehadiran Starlink Dorong Inovasi Operator Seluler

    Guna menciptakan persaingan yang setara antar perusahaan penyelenggara layanan telekomunikasi, Menteri Budi Arie memastikan Starlink harus m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA