FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 04-2019

    1979

    Bahas Situasi Nasional Pasca Pemilu 2019, Ini Lima Pokok Hasil Rakor Polhukam

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengelar Rapat Koordinasi Nasional yang membahas situasi nasional Pasca Pemilu Serentak 2019 di Jakarta, Kamis (18/04/2019).

    Menurut Menko Polhukam Wiranti, rapat itu dihadiri oleh jajaran kementerian dan lembaga yang berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam. 

    "Rapat hari ini dihadiri segenap Pimpinan TNI, Polri, serta Pimpinan institusi penegak hukum nasional untuk membahas situasi nasional pasca Pemilu Serentak tahun 2019," kata Wiranto.

    Dalam rapat yang juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudianara itu dihasilkan lima pointer hasil rapat koordinasi. Pertama, Netralitas TNI dan Polri

    "TNI dan Polri merupakan institusi negara yang dalam hal ini Pemilu ditempatkan pada posisi netral. Artinya, tidak masuk dalam kontestasi Pemilu serta tidak berpihak pada siapapun," kata Wiranto.

    Kedua, TNI dan Polri bersatu untuk menghadapi ancaman Nasional sesuai sumpah prajurit.

    "Sebagai alat negara, TNI dan Polri yang telah disumpah untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara berdasarkan Pancasila, UUD Negara RI tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, tetap bersatu pada menghadapi berbagai kemungkinan ancaman yang dapat menggangu keamanan nasional serta kesatuan dan persatuan bangsa," tegas Wiranto.

    Ketiga, pemerintah mengimbau semua pihak untuk menghormati hasil Pemilu Serentak 2018 dan meminta pendukung tidak melakukan aksi yang bersifat provokatif. 

    "Kita mengimbau kepada semua pihak untuk menghargai para calon presiden dalam Pemilu Serentak 2019 untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, memelihara perdamaian serta melarang para pendukungnya untuk melakukan aksi-aksi provokasi yang nyatanya akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Hormati hasil finalisasi hasil Pemilu yang sudah dilakukan KPU atau Penyelenggara Pemilu," pesan Wiranto. 

    Keempat, meminta masyarakat tetap tenang menunggu hasil penghitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

    "Kami mengingatkan agar masyarakat untuk tetap tenang, tidak melakukan tindakan anarkis yang melanggar hukum dan peraturan Perundangan-undangan yang berlaku sambil menunggu hasil resmi penghitungan suara oleh KPU," kata Wiranto.

    Adapun point kelima hasil rapat, aparat keamanan akan bertindak tegas atas aksi yang mengganggu ketertiban. 

    "Terakhir, TNI dan Polri akan bertindak tegas untuk menindak dan menetralisir berbagai aksi yang akan menggangu ketertiban dan keamanan nasional serta keutuhan bangsa Republik Indonesia," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Bangun Ekonomi Nasional, Wapres Dorong Pengembangan Inovasi Produk Halal Berbasis Maritim

    Wapres mengharapkan produk halal berbasis maritim tidak hanya mencakup pasar nasional, tetapi juga dapat menjangkau pasar global. Selengkapnya

    Hari Guru Nasional 2021, Presiden: Mari Bersama Pulihkan Pendidikan

    Dalam momentum peringatan yang mengusung tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”, Presiden meminta semua pihak untuk bekerja sa Selengkapnya

    Pantau Situasi Pandemi Global, Menkes: Tetap Waspada

    Pemerintah juga terus mengamati perkembangan situasi pandemi di seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang masih terpantau aman. Selengkapnya

    Pulihkan Ekonomi Nasional, Ini Lima Arahan Presiden!

    Presiden menekankan lima hal berkaitan dengan perkembangan ekonomi nasional. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA