FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
22 04-2019

191

Hari Kartini, Momentum Perempuan Manfaatkan Peluang Kerja Digital

Kategori Berita Kementerian | mth
Sekjen Kementerian Kominfo, R. Niken Widiastuti dalam Seminar Peran Perempuan Indonesia di Era Digital, di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo Jakarta, Senin (22/04/2019). - (Sina)

Jakarta, Kominfo - Kisah perjuangan RA Kartini bukan hanya sekadar memperjuangkan kesetaraan di bidang pendidikan, namun mendorong kesetaraan di semua bidang termasuk sosial dan hukum. Saat ini di era digital, menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti,  harus cerdas dan mampu menempatkan diri serta memanfaatkan peluang kerja di era digital ini.

“Revolusi Industri 4.0 merupakan momen yang harus dimanfaatkan karena merupakan potensi bagi para perempuan untuk bekerja di industri digital. Perlu kepercayaan diri yang tinggi agar perempuan menjadi sumber daya digital yang kuat,” ungkap Sekjen Niken dalam Seminar Peran Perempuan Indonesia di Era Digital, di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo Jakarta, Senin (22/04/2019).

Menurut Niken Widiastuti, Kementerian Kominfo berupaya meningkatkan partisipasi perempuan dalam dunia digital. Salah satunya membuka peluang peningkatan keahlian melalui Program Digital Talent Scholarship.

“Pak Menteri Rudiantara mengatakan teknologi digital merupakan jalan tol dalam meningkatkan peran perempuan di industri. Untuk itu Kominfo memberikan beasiswa digital talent untuk 25 ribu generasi muda baik laki-laki maupun perempuan," jelas Sekjen Niken. 

Dalam Program Digital Talent Scholarship itu, menurut Niken Widiastuti, peserta program akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill di bidang teknologi informasi dan komunikasi. 

"Sesuai dengan peminatan di bidang teknis Artifical IntelligenceBig DataCloud ComputingCyber SecurityInternet of Things dan Machine Learning serta beberapa tema pelatihan lainnya,” kata Niken.

Sekjen Kominfo mengharapkan perempuan di Indonesia tidak kalah dengan para perempuan hebat di luar negeri. Ia memaparkan saat ini Indonesia telah memiliki para perempuan tangguh yang berhasil mendirikan berbagai startup digital dengan menyontohkan Catherine Hindra Sutjahyo founder Alfacart.com dan Diajeng Lestari founder Hijup.com.

“Mereka implementasi konkret perjuangan RA Kartini. Mereka para perempuan cerdas Indonesia yang akan melanjutkan perjuangan RA Kartini dan para pejuang perempuan lainnya,” tegas Niken.

Peringatan Hari Kartini 2019 tahun ini mengambil tema Peran Perempuan Cerdas Indonesia Di Era Digital. Selain seminar yang diikuti oleh seluruh sivitas Kementerian Kominfo yang mengenakan baju nusantara, juga berlangsung bazaar, lomba standup comedy, lomba rias, kuis serta lomba mirip presenter Program  Miss Lambe Hoaks. (lry/aptika)

Sumber

Berita Terkait

Hari ini, Mesin AIS Kominfo Temukan 11 Hoaks! Ini Rinciannya

Selengkapnya

Consuming Class Meningkat, Peluang Buat Generasi Milenial

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan jumlah consuming class atau masyarakat kelas menengah di Indonesia akan mencapai 90 Selengkapnya

Sekjen Kominfo Dorong Perempuan Ikut Tangkal Hoaks

Dinamika era digital memicu transformasi dalam segala bidang, salah satunya kebutuhan peran perempuan Indonesia dalam menangkal penyebaran h Selengkapnya

Menkominfo Dorong Perempuan Indonesia Manfaatkan Teknologi Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Kartini dan mendorong perempuan Indonesia dapat Selengkapnya