FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 04-2019

    1522

    Sekjen Kominfo Dorong Perempuan Ikut Tangkal Hoaks

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Sekjen Kementerian Kominfo, R. Niken Widiastuti dalam Seminar Peran Perempuan Indonesia di Era Digital, di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo Jakarta, Senin (22/04/2019). - (Sina)

    Jakarta, Kominfo - Dinamika era digital memicu transformasi dalam segala bidang, salah satunya kebutuhan peran perempuan Indonesia dalam menangkal penyebaran hoaks serta meningkatkan literasi digital.

    "Di Hari Kartini ini kita perempuan Indonesia harus berperan serta menangkal hoaks. Klarifikasi setiap informasi yang masuk kepada Kominfo melalui aduankonten, Miss Lambe Hoaks, serta aplikasi-aplikasi lain yang disediakan," ajak Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam Seminar Peran Perempuan Indonesia di Era Digital, di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo Jakarta, Senin (22/04/2019).

    Sekjen Kominfo mendorong setiap perempuan untuk lebih cerdas dalam era digital. "Di era digital ini hal yang juga patut mendapatkan perhatian adalah meningkatkan literasi di bidang digital," tandasnya.

    Niken Widiastuti memaparkan konten negatif seperti hoaks dan ujaran kebencian menurut laporan Tim AIS Ditjen Aptika sejak bulan Agustus 2018 hingga saat ini menunjukan tren yang terus meningkat.

    "Tujuan dari tersebarnya hoaks dan ujaran kebencian ialah untuk memprovokasi, mengadu domba, menghasut, dan mengacaukan data dan realita, sehingga kita harus terus meningkatkan kecerdasan dalam literasi digital," paparnya.

    Sekjen Kominfo mengajak agar perempuan Indonesia, terutama sivitas Kementerian Kominfo untuk senantiasa memanfaatkan media dengan bijak dan waspada terhadap informasi yang beredar.

    "Bijak memanfaatkan media dan kerap waspada informasi yang masuk ke media merupakan kunci wanita cerdas di era digital,” pungkas Niken.

    Peringatan Hari Kartini 2019 tahun ini mengambil tema Peran Perempuan Cerdas Indonesia Di Era Digital. Selain seminar yang diikuti oleh seluruh sivitas Kementerian Kominfo yang mengenakan baju nusantara, juga berlangsung bazaar, lomba standup comedy, lomba rias, kuis serta lomba mirip presenter Program  Miss Lambe Hoaks. (lry/aptika)

    Sumber

    Berita Terkait

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Truk Logistik Pemilu Terguling Tanpa Pengawal? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari artikel berita cekfakta.tempo.co, klaim narasi pada un Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA