FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 04-2019

    1020

    Menkominfo Rudiantara: Palapa Ring Paket Timur Rampung Pertengahan 2019

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Menkominfo Rudiantara saat ditemui di Jakarta Marketing Week 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, pembangunan infrastruktur jaringan Palapa Ring paket Timur sudah mencapai 96 persen dan ditargetkan rampung pada pertengahan tahun ini. "Di Indonesia, Palapa Ring (paket) Barat dan Tengah sudah 100 persen, Timur 96 persen," ungkap Rudiantara," ungkap Rudiantara saat penyelenggaraan Jakarta Marketing Week 2019 di Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

    "Insya Allah selesai tahun ini. Pertengahan 2019, kuartal tiga sudah bisa diintegrasikan semuanya," imbuhnya. Sebelumnya, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif menargetkan semua paket Palapa Ring bisa selesai pada Juni 2019. Pembangunan paket Palapa Ring Barat dan Tengah sudah selesai ahun lalu.

    Palapa Ring Timur dibagi ke dalam dua sub-paket. Sub-paket pertama banyak berada di wilayah pesisir Papua yang dihubungkan melalui jaringan kabel laut. Sementara sub-paket kedua berada di darat, antara lain wilayah pedalaman di Papua. Rudiantara mengatakan pembangunan infrastruktur fiber optik melalui Palapa Ring ini demi memastikan sekitar 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia bisa terhubung ke jaringan telekomunikasi dan Internet.

    "Indonesia pemikiran bangun fiber optik sejak 2006. Tahun ini rayakan kemerdekaan ke 74 tapi internet belum semua. Baru bisa hubungkan 514 kabupatebkota pertengahan tahun ini," kata dia. Selain melalui kabel fiber optik, Kominfo saat ini tengah menyiapkan satelit yang diperkirakan bisa menghubungkan akses internet ke berbagai fasilitas umum terutama sekolah, kantor desa dan fasilitas kesehatan.

    Saat ini, pemerintah masih menyewa satelit untuk memberikan fasilitas internet di sejumlah kantor desa, sekolah dan lainnya. Secara nasional, BAKTI Kominfo telah memberikan akses internet ke 4.100 desa. Kominfo menargetkan punya satelit sendiri pada 2022 mendatang.

    “Kami siapkan satelit sendiri. Bagaimana menghubungkan seluruh sekolah, kantor desa, fasilitas kesehatan. Sejak tahun 2016 pemerintah sudah menyiapkan, Insya Allah Mei ini tanda tangan kontrak pengadaan. Satelit baru tersedia tahun 2022,” tutur dia.

    sumber berita: Ria Anastasia (tribunnews)



    Berita Terkait

    Menkominfo: produk UMKM punya potensi luar biasa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang Selengkapnya

    Menkominfo sebut Qatar Ingin Realisasikan Kesepakatan di Bidang Telekomunikasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate baru saja bertemu dengan duta besar Qatar untuk Indonesia Fawziya Edrees Sal Selengkapnya

    Menkominfo Dorong Milenial Kuasai Ruang Digital Indonesia

    PEMERINTAH hadir dan memiliki kepedulian terhadap generasi milenial. Selain itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informa Selengkapnya

    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA