FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 04-2012

    16724

    KTT ASEAN Kembali Perkuat 3 Pilar Integrasi

    Kategori Sorotan Media | admin

    VIVAnews - KTT ASEAN ke-20 resmi dibuka oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen di Peace Palace, Phom Penh, Kamboja. KTT ASEAN itu dihadiri oleh pemimpin pemerintahan di 10 negara ASEAN. Wakil Presiden Boediono hadir menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

    Dalam KTT ini akan dibahas beberapa agenda yaitu implementasi dan perkembangan pencapaian komunitas ASEAN, yang terdiri dari tiga pilar, yaitu politik-keamanan, ekonomi dan sosial budaya. Tiga pilar integrasi ini diharapkan bisa terwujud di Asia Tenggara pada 2015.

    Pada KTT ini juga akan dibahas pentingnya perkembangan penanganan masalah laut China Selatan yang mulai menunjukkan kemajuan pada Pedoman Perilaku (Code of Conduct) di perairan tersebut. 

    Isu penting lainnya yang akan dibahas pada KTT kali ini adalah masalah demokratisasi Myanmar. Negara-negara ASEAN akan menyatukan suara dalam mendesak Amerika Serikat dan Uni Eropa menghapuskan sanksi ekonomi terhadap Myanmar.

    Sebelum pembukaan, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan seusai pembukaan KTT ASEAN, diselenggarakan pertemuan pemimpin negara anggota ASEAN dalam format pleno. Selanjutnya pemimpin ASEAN itu bertemu dengan perwakilan antar parlemen se-ASEAN dalam acara Inter Parlimamentary Assembly (AIPA).

    Natalegawa mengatakan, ASEAN juga akan membahas keamanan di Semenanjung Korea. Negara ASEAN menyampaikan keprihatinannya apabila ada langkah yang merusak stabilitas Korea, terkait rencana peluncuran roket oleh Korea Utara bulan ini.

    "Kami berharap, Korut mematuhi ketentuan Resolusi Dewan Keamanan Nomor 1874, melarang peluncuran roket seperti yang direncanakan oleh Korut," kata Natalegawa. (ren)

    Sumber: http://dunia.vivanews.com/news/read/301472-ktt-asean-bahas-implementasi-tiga-pilar

    Berita Terkait

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    BAKTI perkuat akses internet di NTT

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) memperkuat keberadaan titik akses internet di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Selengkapnya

    Platform Aduan ASN Terima 77 Aduan, Paling Banyak Soal Intoleransi

    Portal untuk mengadukan Aparatur Sipil Negara (ASN) hasil kerjasama 11 Kementerian dan Lembaga, aduanasn.id yang diluncurkan dua pekan lalu, Selengkapnya

    Pemkab Bekasi-Kemkominfo Akan Bangun Pusat Data Skala Internasional

    Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun pusat data berskala nasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA