FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 05-2019

    468

    Lewat Proyek SMF SATRIA, Kominfo Akan Bangun 150 Ribu Antena

    Kategori Berita Kementerian | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara bersama pekerja media usai Penandatangan Perjanjian Kerjasama, Perjanjian Penjaminan, dan Perjanjian Regres Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Satelit Multifungsi di Museum Nasional Jakarta, Jumat (03/05/2019). - (Sina)

    Jakarta, Kominfo – Pembangunan Satelit Multifungsi (SMF) SATRIA dipastikan tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja. Pasalnya proyek itu dirancang agar 150 ribu titik di daerah pelosok yang tidak terjangkau kabel serat optik dalam proyek Palapa Ring bisa ikut menikmati internet berkecepatan tinggi.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, khusus untuk proyek Satelit Multifungsi, pemerintah akan membangun 150 ribu antena di daerah-daerah di luar Pulau Jawa.

    “Tadi saya lapor ke Pak Menko Perekonomian, ada 150 ribu titik, kita perlu 150 ribu antena. Saya katakan, tidak boleh dibangun di Pulau Jawa, kita harus distribusikan 150 ribu itu ke daerah,” kata Menteri Rudiantara dalam sambutan saat Penandatangan Perjanjian Kerjasama, Perjanjian Penjaminan, dan Perjanjian Regres Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Satelit Multifungsi di Museum Nasional Jakarta, Jumat (03/05/2019).

    Komitmen tersebut akan diwujudkan dengan membangun di lima daerah luar Jawa, terutama di daerah yang masuk kategori 3T  atau daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal. 

    Dari 5 daerah atau lokasi tersebut, masing-masing daerah dipasang 30 ribu antena dengan skala ekonomi yang cukup. Oleh karena itu, SMF SATRIA akan menunjang pengembangan ekonomi daerah.  

    “Ini akan menunjang pengembangan ekonomi daerah. Sehingga pembangunan ekonomi itu merata ke seluruh Indonesia. Tidak Jawa sentris, ” tegas Menteri Rudiantara. 

    Menteri Rudiantara juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sejak awal dalam mempersiapkan Proyek SMF tersebut. 

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semua, ekosistem yang membantu sejak awal. Ini memang yang pertama, tapi saya pastikan, ini bukan yang terakhir bagi Indonesia,” pungkasnya.*

    Berita Terkait

    Lewat Genposting, Kominfo Dorong ASN Bumikan Nilai Pancasila

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengndorong seluruh lapisan masyarakat harus menjaga, Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Bantuan Bagi 82 Pegawai Terdampak Banjir

    Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti menyerahkan bantuan bagi 82 pegawai yang terkena dampak banjir di Jabodeta Selengkapnya

    Tanggapi Masalah TVRI, Menkominfo Harapkan Win-Win Solutions

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengharapkan polemik yang berlangsung di Televisi Republik Indonesia (TVRI) dapat diselesa Selengkapnya

    Percepat Gerakan 100 Smart City, Kominfo Bangun 3.447 BTS pada 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana membangun lebih banyak infrastruktur pendukung guna mendorong percepatan Gerakan 100 Smart Selengkapnya