FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 05-2019

    1262

    Lewat Proyek SMF SATRIA, Kominfo Akan Bangun 150 Ribu Antena

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara bersama pekerja media usai Penandatangan Perjanjian Kerjasama, Perjanjian Penjaminan, dan Perjanjian Regres Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Satelit Multifungsi di Museum Nasional Jakarta, Jumat (03/05/2019). - (Sina)

    Jakarta, Kominfo – Pembangunan Satelit Multifungsi (SMF) SATRIA dipastikan tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja. Pasalnya proyek itu dirancang agar 150 ribu titik di daerah pelosok yang tidak terjangkau kabel serat optik dalam proyek Palapa Ring bisa ikut menikmati internet berkecepatan tinggi.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, khusus untuk proyek Satelit Multifungsi, pemerintah akan membangun 150 ribu antena di daerah-daerah di luar Pulau Jawa.

    “Tadi saya lapor ke Pak Menko Perekonomian, ada 150 ribu titik, kita perlu 150 ribu antena. Saya katakan, tidak boleh dibangun di Pulau Jawa, kita harus distribusikan 150 ribu itu ke daerah,” kata Menteri Rudiantara dalam sambutan saat Penandatangan Perjanjian Kerjasama, Perjanjian Penjaminan, dan Perjanjian Regres Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Satelit Multifungsi di Museum Nasional Jakarta, Jumat (03/05/2019).

    Komitmen tersebut akan diwujudkan dengan membangun di lima daerah luar Jawa, terutama di daerah yang masuk kategori 3T  atau daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal. 

    Dari 5 daerah atau lokasi tersebut, masing-masing daerah dipasang 30 ribu antena dengan skala ekonomi yang cukup. Oleh karena itu, SMF SATRIA akan menunjang pengembangan ekonomi daerah.  

    “Ini akan menunjang pengembangan ekonomi daerah. Sehingga pembangunan ekonomi itu merata ke seluruh Indonesia. Tidak Jawa sentris, ” tegas Menteri Rudiantara. 

    Menteri Rudiantara juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sejak awal dalam mempersiapkan Proyek SMF tersebut. 

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semua, ekosistem yang membantu sejak awal. Ini memang yang pertama, tapi saya pastikan, ini bukan yang terakhir bagi Indonesia,” pungkasnya.*

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    Beri Efek Jera, Kominfo Musnahkan Perangkat Hasil Penertiban

    Tindakan pemusnahan merupakan bagian dari upaya Kementerian Kominfo memberikan pemahaman yang seragam kepada pelaku usaha tentang arti penti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA