FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 05-2019

    1978

    Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan 1440 H Jatuh pada 6 Mei 2019

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) didampingi Ketua Komisi VIII Ali Taher (kiri) dan Ketua MUI Abdullah Jaidi (kanan) menyampaikan hasil Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1440 Hijriah di Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (5/5/2019). Pemerintah mengumumkan 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1440H jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers usai Sidang Isbat Awal Ramadan 1440H, yang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta. Minggu (05/05/2019).

    Sidang yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ini dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi, pakar falak pada  ormas islam, BMKG, LAPAN, perwakilan duta besar negara-negara sahabat, serta pihak-pihak pemantau astronomi lainnya.

    “Seluruh peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Senin 6 Mei 2019,” tutur Menag Lukman Hakim.

    Kesepakatan ini menurut Menag, diambil setelah peserta sidang menilik hasil dua metode penentuan awal bulan hijriyah, yakni metode hisab dan metode rukyat. “Untuk dipahami bersama dua metode ini bukanlah dua metode yang diperhadapkan, atau dibenturkan. Keduanya saling melengkapi satu sama lain, keduanya sama pentingnya,” jelas Menag.

    Sebelumnya, para peserta sidang mendengarkan perhitungan (hisab) posisi hilal yang dipaparkan oleh salah satu Tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwandaya. Dalam paparannya, Cecep menyampaikan hasil pantauan pada hari Ahad, 5 Mei 2019 bertepatan dengan 29 Sya’ban 1440H, tinggi hilal di Indonesia antara 4030’59’’ sampai dengan 5042’59’’ atau 4,50 sampai dengan 5,70.

    “Dan lalu hitungan hisab ini dikonfirmasi oleh petugas kita yang kita tempatkan pada 102 titik di 34 provinsi di Indonesia,” jelas Menag.

    Menurut Menag, setidaknya ada sembilan petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah, bahwa mereka melihat hilal. Petugas rukyat tersebut berasal dari Bangkalan, Gresik, Lamongan, Makasar, Brebes, dan Sukabumi. “Setidaknya ada sembilan petugas kita yang menyampaikan kesaksiannya telah melihat hilal,” imbuh Menag.

    “Oleh karenanya dengan dua hal tadi, mengetahui posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas kita, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan 1440H, jatuh pada esok hari Senin, 6 Mei 2019,” tegas Menag.

    SUMBER

    Berita Terkait

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

    Selain aspek infrastruktur moda transportasi, sarana prasarana pelabuhan dan jalan, pemerintah juga menyediakan sarana prasarana kesehatan d Selengkapnya

    Upaya Pemerintah Kembangkan Parekraf Berkelanjutan di IKN

    Menparekraf menjelaskan berbagai upaya dilakukan dalam mendukung pengembangan parekraf berkelanjutan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA