FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2019

    2457

    Jelang Lebaran, Tim AIS Kominfo Pastikan Pantau Aktivitas Media Sosial

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    - (HUMAS)

    Jakarta, Kominfo – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, masyarakat disibukkan dengan aktivitas mudik untuk kembali ke kampung halaman. Namun, tidak untuk Tim AIS Kementerian Kominfo yang bekerja keras memberikan informasi seputar hoaks di media sosial.

    Menurut Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, pemantauan konten-konten negatif dan sebaran berita bohong tersebut didukung oleh 100 tim verifikator yang berkomitmen untuk senantiasa memantau dan memverifikasi informasi yang tersebar di berbagai platform media sosial, seputar kondisi dan situasi nasional selama aktivitas mudik.

    “Mereka (Tim Verifikator) terus bekerja 24 jam. Jadi, meskipun kita liburan, teman-teman di Tim AIS itu tidak libur, sudah diatur jadwal mereka masing-masing,” kata pria yang akrab dipanggil Nando ini dalam acara TokTok Kominfo yang disiarkan langsung di berbagai akun resmi Kementerian Kominfo, Selasa (28/05/2019) siang. 

    Lebih lanjut ia menjelaskan, pembagian jadwal para verifikator yang bertugas telah diatur oleh tim. “Mereka yang nanti bekerja di hari Lebaran itu pada umumnya yang non-muslim. Teman-teman yang Kristiani, yang non-muslim itu datang bekerja seperti biasa,” imbuhnya.

    Tim Verifikator Mesin AIS yang bekerja di masa Lebaran nanti dibagi menjadi tiga Shift, yakni shift jam 06.00 – 14.00, jam 14.00 – 22.00, dan 22.00 – 06.00 untuk WIB.

    “Ini artinya apa? Kominfo tidak libur sama sekali (khusus untuk Tim Verifikator AIS, red.). Jadi, kami mengawasi isu medsos melalui mesin AIS,” ucap Ferdinandus.

    Selain itu, kata Ferdinandus, selama mudik lebaran. Kementerian Kominfo juga telah mendorong operator telekomunikasi untuk melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas layanan internet kepada para pemudik. **

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA