FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2019

    565

    Italia Akan Kembangkan Inkubator Startup di Indonesia

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Tsukuba, Kominfo - Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pembangunan Ekonomi, Buruh dan Kebijakan Sosial Italia, Luigi Di Maio menyatakan akan mengembangkan inkubator startup digital di Indonesia. 

    Hal itu disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di sela Forum Pertemuan Menteri Perdagangan dan Menteri Digital Negara G20 di Tsukuba, Perfektur Ibaraki, Jepang, Minggu (09/06/2019).

    "Italia baru saja me-launched Startup Exchanged Program, dimana startup-startup mereka di ditempatkan di Incubator2 G20 countries, selanjutnya mereka mau kembangkan dengan Indonesia juga," tutur Menteri Rudiantara usai pertemuan. 

    Menurut Menteri Kominfo, pihaknya menyambut baik inisiatif itu karena bisa mendorong pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Bahkan menurut Rudiantara Italia akan meluncurkan Program Promosi Teknologi di Indonesia.

    "Italia juga akan me-launch program Promoting Italy in Technology di Indonesia, dan meminta bantuan untuk dalam mencari lokasi yg crowded dan banyak orang lalu lalang," ungkapnya.

    Dalam pertemuan itu, Menteri Rudiantara juga mengundang Italia sebagai penasehat dalam inisiatif IDEA Hub. "Indonesia mengundang Italia untu menjadi Board of Advisor G20 IDEA Hub Organizing Body," jelasnya.

    IDEA Hub (Inclusive Digital Economy Accelerator Hubmerupakan inisiatif Indonesia dalam bentuk platform repository digital yang berisi beragam informasi serta pengetahuan tentang model bisnis ekonomi digital. Repository itu diharapkan dapat bermanfaat untuk pemerintah, wiraswasta, UMKM, maupun kelompok masyarakat kelas bawah sehingga meminimalisasi angka kesenjangan sosial dan ekonomi. 

    Pertemuan bilateral itu berlangsung di sela Forum Menteri Perdagangan dan Menteri Digital Negara G20. Dalam pertemuan itu, Menteri Kominfo didampingi oleh Staf Khusus Menteri Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati dan Direktur Pos Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ikhsan Baidirus. 

    Berita Terkait

    Menkominfo: Milenial Perlu Kenal Kemajuan Digital Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, menjadi suatu keharusan bagi pemerintah untuk memperkenalkan kepada masyaraka Selengkapnya

    Menkominfo Imbau Mitra Kerja Tempatkan Data Center di Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau para mitra kerja Kementerian Kominfo, baik Facebook, Google dan penyedia platfo Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Apresiasi Dukungan Uni Eropa untuk Pelindungan Data Pribadi di Indonesia

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan apresiasi atas komitmen dan dukungan Uni Selengkapnya

    Pajak Platform Digital Bisa Bangun Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan platform digital yang beroperasi di Indonesia harus menjalankan hak dan kewaji Selengkapnya