FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 06-2019

    2295

    Ide Indonesia soal Tukar Data G20 Didukung China sampai Arab Saudi

    Kategori Sorotan Media | meit001

    VIVA – Pertemuan para menteri forum G20 di Jepang membahas inisiatif Data Free Flow with Trust atau DFFT. Inisiatif ini diajukan tuan rumah, yang juga didukung Indonesia.VIVA – Pertemuan para menteri forum G20 di Jepang membahas inisiatif Data Free Flow with Trust atau DFFT. Inisiatif ini diajukan tuan rumah, yang juga didukung Indonesia.

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, yang hadir sebagai salah satu perwakilan Indonesia, menegaskan dukungan tersebut. Usulan DFFT berupa adanya pertukaran data atau informasi berbagai sektor secara global. Menurutnya, inisiatif ini bisa menciptakan peluang kegiatan ekonomi baru dengan nilai miliar dolar AS.

    "Dalam pertemuan teknis enam bulan terakhir, Indonesia aktif memberikan dukungan karena pertukaran data di antara negara G20 memiliki manfaat potensial membuat kolaborasi dan kemitraan akan lebih efektif," kata Rudiantara, dalam pernyataannya, Minggu 9 Juni 2019.

    Menurut Rudiantara, data merupakan aset bernilai dalam kehidupan sehari-hari. Dia menjelaskan Indonesia menyampaikan counter proposal untuk inisiatif ini.

    Isi proposal tersebut adalah pelaksanaannya harus memperhatikan sejumlah aspek seperti masalah privasi, perlindungan data, hak atas kekayaan intelektual dan keamanan.

    "Lebih jauh harus juga memperhatikan/menghormati legal framework, baik dalam negara anggota G20 maupun secara internasional dan harus hati-hati dalam memisahkan antara data pribadi dengan nonpribadi," kata dia.

    Rudiantara mengatakan, usulan Indonesia didukung pula negara lain G20 dengan penduduk berjumlah banyak. Rudiantara menyebutkan China, India, dan Arab Saudi mendukung counter proposal yang diajukan Indonesia.

    Dalam pidato di forum tersebut, Rudiantara mengingatkan kembali komitmen anggota G20 mengenai ekonomi digital. Dia mengatakan, forum tersebut memiliki komitmen untuk memperkuat dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di masa mendatang. (ren) 

     

    Sumber Berita: viva.co.id

    Berita Terkait

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kecerdasan Buatan Dukung Layanan Kesehatan Saat Pandemi

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa kecerdasan buatan (artificial intelegence/AI) juga memil Selengkapnya

    Menkominfo Yakin Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan keyakinan bahwa Indonesia akan dapat melalui masa Selengkapnya

    Indonesia Angkat Isu Keamanan Data Di Pertemuan G20 Tingkat Menteri

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengedepankan isu kedaulatan dan keamanan data pada pertemuan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA