FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 06-2019

    277

    Hoaks, Jokowi Kejar Target Bangun Tol untuk Pemilu 2019!

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo – Pembangunan infrastruktur jalan tol untuk masyarakat beberapa waktu lalu menuai pro kontra. Bahkan, ada pihak tertentu yang dengan sengaja menggiring opini publik untuk mempengaruhi masyarakat. 

    Seperti beredar sebuah foto di media sosial platform Facebook yang menarasikan, “Presiden Jokowi Kejar Target Bangun Tol untuk Pemilu”. 

    Presiden Joko Widodo memang telah meresmikan beberapa pembangunan tol yang menghubungkan kota dan kabupaten hingga provinsi. Namun, peresmian itu sebenarnya sudah terjadwal dalam agenda pemerintah, dan tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2019. 

    Setelah dilakukan penelusuran, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu mengatakan, tudingan tersebut dibantah langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

    “Pemerintah telah menepis tudingan itu, (Peresmian beberapa jalan tol dipercepat dalam rangka kepentingan Pilpres 2019,” kata Ferdinandus di Jakarta, Selasa (18/06/2019).

    Melalui keterangan yang diterimanya itu, lanjut Ferdinandus, Menteri Basuki menegaskan bahwa fokus pemerintah membangun jalan tol untuk kepentngan masyarakat. 

    “Jadi memang infrastruktur sama sekali tak berkaitan dengan pesta demokrasi. Karena kan pemerintah membangun infrastruktur, termasuk jalan tol itu untuk digunakan oleh masyarakat,” imbuhnya 

    Jika ditelusuri lebih jauh, komitmen Joko Widodo sejak awal menjabat sebagai Presiden, salah satunya fokus pada pembangunan infrastruktur. Tentu, dalam pencapaiannya, pemerintah juga membutuhkan percepatan pembangunan untuk menjalankan roda perekonomian masyarakat.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 18 Juni 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo.

    1. Jokowi Kejar Target Bangun Tol untuk Pemilu

    2. “Gengsi Lalui Infrastruktur Jokowi, 12 Truk Tim Prabowo Kelelahan “Njegur” Sawah Dokumen Kecurangan Pilpres Raib Dijarah”

    3. Presiden Turun Langsung Saat Kebakaran Hutan di Negara Tetangga

    4. Video Baca Al-Quran dengan Langgam Jawa di Turki

    5. Video Beberapa Wanita India Protes dengan Cara Bakar Jilbab

    6. Bus Safari Dharma Terlibat Kecelakaan di Tol Cipali

    7. Bocah di Pati Dibakar Temannya **

    Berita Terkait

    Kominfo Temukan 3.356 Hoaks, Terbanyak saat Pemilu 2019

    Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis hasil temuan sebaran hoaks di berbagai platform media sosial. Hasilnya cukup mengejutkan, ada Selengkapnya

    Hoaks! Negara Vatikan Dukung Referendum Papua

    Kondisi di Provinsi Papua dan Papua Barat semakin kondusif usai insiden yang terjadi beberapa pekan kemarin. Namun di media sosial masih ber Selengkapnya

    Solusi Kebutuhan Talenta Digital untuk Startup, Kominfo Gelar DTS 2019

    Manajemen startup digital mengakui kesulitan untuk mencari talenta digital dari dalam negeri. Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika Selengkapnya

    Hoaks! MA Pastikan Jokowi Gagal Dilantik Jadi Presiden

    Beredar kabar di media sosial jika Presiden terpilih Joko Widodo gagal dilantik pada Oktober nanti. Kabar tersebut viral menyusul Keputusan Selengkapnya