FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 06-2019

    1480

    Ini Cara Kemenkominfo Antisipasi Dark Social Media

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Arah -Fenomena dark social media mulai menghantui masyarakat, khususnya bagi mereka yang aktif di media sosial. Penetrasi internet yang tinggi membuat intensitas pada media sosial kian masif. Kondisi itu lantas memicu terjadinya dark social media, istilah untuk menggambarkan penggunaan media sosial secara serampangan.  

    Menanggapi hal tersebut, pemerintah telah mengambil beberapa langkah konkret sebagai upaya untuk mencegah terjadinya dark social media di Indonesia. Salah satunya dengan menyurati secara langsung pemilik media sosial, misalnya CEO Facebook Mark Zuckerberg.

    "Proses sejauh ini belum tahu. Tapi saya sudah minta, sudah kirim surat ke Mark Zuckerbergminta ini," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta, Jum'at (21/06/2019).

    Dilansir situs Kominfo, Menteri Rudiantara mengatakan dirinya meminta kepada Facebook agar pembukaan tiap account referensinya di Indonesia harus menggunakan ponsel. Salah satu tujuannya yakni menghindari pengguna medsos anonim alias tanpa identitas.  

    "Terserah di negara lain, (di Indonesia) itu menggunakan ponsel," jelasnya 

    "Mengapa? Karena ponsel yang prabayar pun di Indonesia kan sudah mulai registrasi. Jadi, kita menghindarkan yang namanya dark media sosial," imbuhnya.

    Menteri Rudiantara juga mengkonfirmasi kalau, Kementerian Kominfo telah mengirimkan surat tersebut kepada Mark Zuckerberg pada Juni ini.  

    "Udah, pokoknya di bulan Juni ini (kirim surat ke Mark Zuckerberg)," pungkasnya.

    Sumber:arah.com

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Indonesia ajak Perancis bangun konektivitas nasional

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak pemerintahan Perancis membahas kerja sama antara dal Selengkapnya

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA