FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 06-2019

    1381

    Sekjen Kominfo Paparkan Pelindungan Data Pribadi dan Beasiswa Talenta Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Singapura, Kominfo - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan Minister Statement dalam Pertemuan Menteri yang menangani teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari 32 negara anggota Asia-Pasific Telecommunity (APT).

    Dalam Sesi 4 pertemuan dengan tema Digital Trust, Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan arti penting pelindungan data pribadi serta upaya Indonesia untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di bidang digital.

    “Indonesia memiliki komitmen  untuk mengamankan data warga negaranya. Kami membuat undang-undang tentang perlindungan data pribadi yang saat ini masih dalam proses pengajuan ke DPR,” jelas Sekjen Niken di Singapura, Rabu (26/6/2019).

    Guna meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di bidang digital, menurut Sekjen Kementerian Kominfo, Pemerintah Indonesia merancang program beasiswa untuk pelatihan di bidang teknologi digital.

    “Melalui penawaran program beasiswa digital talent untuk membekali 25 ribu sumber daya manusia dengan keterampilan di bidang TIK,” jelasnya.

    Menurut Sekjen Niken inisiatif untuk meningkatkan kapasitas digital masyarakat itu ditujukan menyiapkan talenta yang memiliki kemampuan teknologi untuk revolusi industri 4.0.

    “Tidak hanya mengangkat tema cybersecurity, namun juga tema lain seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, e-commerce, BigData, dan Cloud Computing,” jelasnya.

    Di sela agenda APT 2019, Sekjen Kementerian Kominfo melakukan pertemuan bilateral dengan pemerintah Australia, Singapura, Maldives, dan Samoa. “Masing-masing negara berbagi informasi tentang regulatory update, achievement, serta program-program inisiatif yang dijalankan dalam kaitannya dengan pemanfaatan TIK,” jelas Sekjen Niken.

    Forum APT merupakan joint initiatives dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) dan  International Telecommunication Union (ITU). Forum itu memfasilitasi perkembangan TIK di kawasan Asia-Pasifik.

    Pada hari pertama pertemuan tingkat Menteri, Presiden Republik Singapura, Halimah Yacob, mengundang para Menteri untuk menghadiri Gala Dinner yang bertempat di Istana pada tanggal 25 Juni 2019 untuk merayakan ulang tahun ke-40 berdirinya APT.

    Acara diakhiri dengan pengesahan dokumen Ministerial Statement keesokan harinya. Tuan rumah Singapura juga mengajak seluruh delegasi untuk bergabung pada acara Smart Nation Innovations Week yang diselenggarakan bersamaan dengan Pertemuan Tingkat Menteri TIK Asia-Pasifik tersebut. 

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA