FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 07-2019

    1760

    Kominfo dan ITS Beri Pelatihan IT Untuk Digital Talent

    Kategori Sorotan Media | meit001
    Rektor ITS Mochamad Ashari (kanan) saat membuka kegiatan Digital Talent di Gedung Pusat Ronotika ITS,Surabaya (GATRA/Abdul Hady JM/ar)

    Surabaya, Gatra.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kerjasama dengan IInstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengadakan pelatihan digital talent untuk mengisi kekurangan SDM di bidang digital.

    Pelatihan ini adalah salah satu rangkaian acara Digital Talent Scholarship (DTS) 2019, berupa program beasiswa berupa pelatihan technical dan soft skills secara intensif selama dua bulan. 

    "Mengisi kekosongan persediaan terhadap permintaan tenaga dalam lima sampai 10 tahun ke depan," kata Rektor ITS, Mochammad Ashari saat membuka kegiatan di Gedung Pusat Robotika ITS, Surabaya, Senin (1/7).

    DTS memberi kesempatan bagi 25.000 peserta terpilih dari seluruh Indonesia. Latar belakang peserta bisa dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),  sarjana dan vokasi, guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan umum.

    Di antara 52 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti kegiatan ini, ITS memberikan fasilitas pelatihan dan sertifikasi terhadap 352 peserta terpilih.

    Sumber: Gatra.com

    "Kita nantinya akan fokus terhadap keilmuan Artificial Intelligence, Internet of Things, Big Data Analysis, dan Cyber Security," kata Ashari.

    Dalam hal ini, menyediakan tempat bagi pelatihan DTS tersebut di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Elektro (FTE) dan Departemen Informatika, dan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK). Masing-masing sebanyak dua kelas.

    "Setiap sesi ada empat jam, satu jamnya selama 50 menit, jadi satu sesi itu ada 200 menit," ujar Ketua Panitia, Adhi Dharma Wibawa. 

    Sebagai perguruan tinggi dengan basis teknologi, ITS sejak lama bekerjasama dengan Kemenkominfo dalam berbagai implementasi menghadapi revolusi industri 4.0. DTS sendiri sudah mulai sejak tahun 2018 lalu.

    "Ini ditujukan agar dapat menghasilkan SDM dengan kemampuan adaptif yang dapat menghadapi perubahan," ungkap Tenaga Ahli Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital, Dedy Permadi. 

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA