FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 07-2019

    1055

    Dorong Perempuan Pelaku UMKM Manfaatkan Marketplace

    Kategori Berita Kominfo | adhi004
    Pembicara dan perwakilan dari XL Axiata di Workshop Sister Berbicara "Meningkatkan Omzet Lewat Medsos" - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary mengajak dan mendorong para perempuan yang memiliki produk untuk memanfaatkan marketplace dengan menjual produknya di platform itu.

    "Kita masuk ke lingkungan marketplace itu akan mempermudah kita," kata Septriana dalam acara Workshop Sister Berbicara di Pojok Pintar Sisternet, Press Room Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

    Menurut Septriana, membuka toko online di marketplace sama halnya dengan membuka toko fisik, sehingga dengan banyaknya marketplace yang tersedia saat ini, pengusaha UMKM dapat memiliki banyak cabang toko secara online.

    Direktur Septriana menjelaskan dengan menjual produk melalui marketplace, pembayaran dan pengiriman barang akan ditangani oleh marketplace tersebut sehingga penjual tidak perlu dipusingkan dengan berbagai beban administrasi. "Saya pastikan bahwa menjual produk di marketplace tidak dikenakan biaya sama sekali untuk mendukung UMKM agar mau berjualan secara online. Tidak dikenakan biaya sepersen pun," katanya.

    Menurut Septriana pemerintah melalui Kementerian Kominfo sudah memiliki program UMKM Go Online untuk mengajak masyarakat terutama kaum perempuan agar dapat menggerakkan ekonomi mulai dari keluarga. "Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai suatu program yang cukup besar yaitu ada 8 juta UMKM Go Online," katanya.

    Bahkan, ada juga dukungan pinjaman dari bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). "Juga sudah memberikan bunga pinjaman yang rendah bagi para pengusaha UMKM," ungkapnya.

    Namun, Septriana mengingatkan agar perempuan yang mengalami kesulitan keuangan tidak sebarangan memilih layanan fintech. Ia menekankan agar memilih fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Banyak sekali fintech-fintech ini adalah fintech-fintech yang tidak terdaftar di OJK," katanya.

    Dalam paparannya, Septriana juga memberikan berbagai tips untuk meningkatkan omzet penjualan produk yang dijual di marketplace diantaranya membuat kemasan yang baik, menjaga kualitas produk, memberikan harga yang menarik, menampilkan foto produk yang bagus, dan menuliskan narasi yang jelas.

    Workshop yang mengusung tema "Meningkatkan Omzet Lewat Medsos" ini menghadirkan dua pembicara lain drg. Oktri Manessa selaku Founder Oktri Manessa Dental Clinic (OMDC) yang membagikan materi "Strategi Membangun Branding Usaha yang Kuat" dan Vibriyanti selaku Social Media Specialist yang memaparkan tema "Cara Optimisasi Usaha via Media Sosial". Acara itu merupakan gelaran rutin bulanan hasil kerja sama Biro Hubungan Masyarakat Setjen Kementerian Kominfo, XL Axiata, dan Siberkreasi.

    Berita Terkait

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    Kominfo Fasilitasi Pelaku UMKM dari 15 Kawasan Prioritas

    Kementerian Kominfo akan mendampingi secara intensif 100 pelaku UMKM yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produk. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA