FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 07-2019

    76

    Hoaks, Dari Rekrutmen PLN hingga PNS Pendukung Prabowo Gabung FPI

    KategoriBerita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo – Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, berhasil menemukan sejumlah kabar hoaks di media sosial. Salah satu diantaranya mengenai rekrutmen dari PT PLN.

    Isi pesan dalam konten hoaks tersebut menyebutkan, adanya lowongan kerja yang mengatasnamakan PT PLN (Perusahaan Listrik Negara), melalui korespondensi dan memungut biaya. 

    Plt Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu mengatakan, setelah mendengar informasi tersebut dari pihak PLN, kabar tersebut adalah hoaks.

    “Pihak PLN memberikan klarifikasinya, mereka tidak pernah bekerjasama dengan travel manapun untuk rekrutmen,” kata Ferdinandus di Jakarta, Minggu (7/7/2019).

    Klarifikasi tersebut, kata Ferdinandus, disampaikan langsung oleh Plt Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN, Dwi Suryo Abdullah. 

    Abdullah juga meminta kepada masyarakat, utamanya pelamar kerja agar waspada terhadap informasi hoaks terkait rekrutmen PLN.

    Sementara itu, kabar hoaks lainnya dikaitkan dengan Pilpres 2019. Sejauh ini, para tokoh nasional telah berupaya dan menunggu rekonsiliasi. 

    Namun, sejumlah warganet masih menyebarkan kabar bohong.

    “Kami temukan di media sosial, beredar foto dengan narasi "Kompak resign, forum honorer K2 dan PNS pendukung Prabowo pilih jadi anggota FPI". Tapi postingan itu sama sekali tidak benar yaa,” ujar Ferdinandus.

    Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan, gambar yang dibagikan dalam posting tersebut, merupakan hasil suntingan. Sementara narasi judul yang digunakan sengaja membangun premis pelintiran yang tidak sesuai dengan konteks yang sesungguhnya.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 7 Juli 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo: 

    1. Rekrutmen PT PLN

    2. Kompak Resign, Forum Honorer K2 dan PNS Pendukung Prabowo Pilih Jadi Anggota FPI

    3. Broadcast WA yang Mengatasnamakan Dan Satgas Wijaya BAIS TNI

    4. Kol Digoreng Memicu Senyawa Amina Heterosiklik dan Menyebabkan Kanker

    5. Hati-Hati Daging Manusia Impor dari China

    6. Mahasiswa di Aceh Bergerak

    7. Indonesia, Negara dengan Dua Presiden

    8. Tim Prabowo Sebut Gaji PNS Naik Gara-gara Pilpres

    9. Ketua DPD Partai Golkar Kota Cirebon Dipecat Karena Dukung Bamsoet

    10. Biksu Myanmar Terkena Azab Penyakit Misteri. **

    Berita Terkait

    Hoaks, Seorang Jagal Meninggal Ditendang Sapi Kurban!

    Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria meninggal dunia setelah ditendang sapi kurban. Peristiwa yang menimpa Selengkapnya

    Hoaks Hari Ini, Dari Indonesia Kirim Peserta LGBT hingga Pembawa Anjing ke Masjid

    Belum lama ini beredar sebuah konten mengenai informasi Indonesia mengirim perwakilan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) dalam a Selengkapnya

    Hoaks! Hakim MK dan Pengacara Rayakan Kekalahan Prabowo-Sandi

    Mahkamah Konstitusi (MK), telah memutuskan untuk menolak gugatan yang diajukan tim kuasa hukum Prabowo Subianto – Sandioga Uno dalam Sidan Selengkapnya

    Hoaks! Kabar Ahli Jepang Klaim Prabowo-Sandi Menang 61 Persen

    Intensitas kabar hoax seputar Pemilu 2019 masih cukup masif disebarkan di media sosial. Terutama mengenai sidang gugatan hasil Pemilu yang s Selengkapnya