FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 07-2019

    2303

    Kementerian Kominfo: Indonesia Harus Jadi "Smart Nation"

    Kategori Sorotan Media | meit001

    BATUTIMES - Pergerakan mewujudkan kota/kabupaten di wilayah Indonesia berbasis smart city bukanlah semata-mata untuk kepentingan daerah. Namun, keberadaan setiap wilayah dengan mengusung kreativitas berbasis teknologi ini juga turut menjadi perhatian pemerintah pusat.

    Ya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menargetkan Indonesia akan menjadi wilayah negara kreatif "smart nation". Meskipun, mewujudkan itu semua masih harus perlahan dengan menjadikan semua daerah di Indonesia "smart city".

    "Target besar Kementerian Kominfo tentunya smart nation ya. Tapi saya tidak bisa katakan besok atau kapan untuk hal itu," ujar Staf Ahli Kementerian Kominfo RI Heri Abdul Aziz kepada MalangTIMES.

    Menurut dia, mewujudkan smart nation tidak bisa hanya di dasarkan saja pada pemerintah pusat. Semua kepala daerah harus turut serta berkontribusi untuk hal itu.

    "Oh iya, memang dari daerahnya dulu. Definisi smart nation memang belum sampai muncul atau tahapannya seperti apa. Tapi kami membayangkan sebuah kecerdasan itu kalau level bawahnya sudah cerdas, ke atasnya juga akan cerdas," imbuhnya.

    Saat ini Kementerian Kominfo terus memfokuskan diri untuk menjadikan setiap daerah yang ada di Indonesia menuju wilayah smart city. Salah satunya yakni Kota Malang, yang diapresiasi untuk segera mewujudkan smart city dengan mengikuti Peraturan Presiden (Perpres) No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kebijakan tersebut menyatakan seluruh instansi pemerintah wajib menerapkan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government.

    "Smart city itu katakan saja mendukung peningkatan kecerdasan suatu kabupaten/kota. Setidakya untuk saat ini di atas kertas sudah ada 100 kabupaten/kota. Dan Kota Malang saya apresiasi karena siap melakukan implementasi dengan SPBE itu," pungkas dia.

    Sumber: www.batutimes.com

     

     

    Berita Terkait

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Pemilihan Serentak 2020, Kominfo Sosialisasi Pemilih Cerdas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan Pemilihan Serentak 2020. Selaras dengan agenda Komis Selengkapnya

    Menkominfo: Keterbukaan informasi jadi modal pemerintahan digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keterbukaan informasi publik menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahan digit Selengkapnya

    SDPPI Kemenkominfo Emban Dua Peran Strategis di Tengah Pandemi

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo) mengemb Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA