FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 07-2019

    1286

    Apresiasi MUI, Menkominfo Sebut Fatwa Muamalah Medsos Bentuk Sinergi Pemerintah dan Ulama

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Menteri Kominfo Rudiantara saat menghadiri Seminar Nasional Majelis Ulama Indonesia bertajuk “Peran Ulama Menghadapi Disrupsi Informasi” di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

    Jakarta, Kominfo – Majelis Ulama Indonesia (MUI) berperan penting dalam aspek komunikasi. Sebagai lembaga yang diisi para tokoh ulama dari berbagai lintas keilmuan, MUI memiliki posisi dan peran strategis di masyarakat.

    “Peran MUI di bidang komunikasi menjadi sangat besar dan bertambah besar. Mengapa? Karena kita sudah memasuki era digital. Arus informasi yang berada di dunia digital itu sangat luar biasa,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam Seminar Nasional Majelis Ulama Indonesia bertajuk “Peran Ulama Menghadapi Disrupsi Informasi” di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

    Menteri Rudiantara lantas mencontohkan ketika MUI mengeluarkan fatwa tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial di tahun 2017 lalu. Menurutnya hal itu menjadi salah satu bentuk sinergi antara pemerintah dan ulama dalam penanggulangan hoaks.

    “Kehadiran fatwa tersebut memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat. Masyarakat lebih berhati-hati ketika memposting sesuatu yang melanggar aturan,” jelasnya.

    Menteri Rudiantara berharap MUI dapat memberikan rekomendasi maupun usulan lainnya kepada Kementerian Kominfo. Hal tersebut, kata Rudiantara, guna merespon berkembangnya hoaks yang saat ini menjadi konsen semua pihak. Bukan hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat luas.

    “Mudah-mudahan ke depan ada kerjasama antara umaro dan ulama. Antara MUI dengan Kementerian Kominfo, khususnya di sisi komunikasi,” pungkasnya.**

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Adaptasi Dinamika Teknologi, Kominfo Ubah Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Jastel

    Dalam Perdirjen yang ditandatangani pada tanggal 14 November 2023 itu terdapat pengaturan mengenai bentuk layanan, konfigurasi, perangkat da Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA