FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 07-2019

    1478

    Manfaatkan Peluang Digital untuk Tingkatkan Kuota Umrah Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | anni005
    Menteri Kominfo Rudiantara menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Penyelenggaraan dan Sistem Pembayaran Haji dan Umrah Berbasis Online di Hotel Le Meridien Jakarta, (24/07) siang bersama para stakeholder penyelenggaraan Umrah dari Kementerian Agama.

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika menyatakan proses kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi sudah berlangsung setahun yang lalu. Salah satu implementasi kerja sama itu dalam kolaborasi di bidang digital. Menurut, Menteri Rudiantara, kolaborasi bidang digital dilatari oleh target atau visi Arab Saudi pada tahun 2030 untuk mendapatkan 30 juta kunjungan Umrah dari kaum Muslim di seluruh dunia.  

    “Dimulai dari perubahan-perubahan yang terjadi di Saudi Arabia, di mulai dari visi 2030 yang salah satunya adalah umroh. Mereka mempunyai target tahun 2030 jadi 30 juta. Nah permasalahannya itu, bagaimana selama ini puluhan tahun umrah dijalankan hanya kenapa umrah dilaksanakan cuma 10 juta,” ujar Menteri Rudiantara dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyelenggaraan dan Sistem Pembayaran Haji dan Umrah Berbasis Online di Hotel Le Meridien Jakarta, (24/07/2019) siang.

    Di depan para stakeholders penyelenggaraan Umrah, Menteri Kominfo menyatakan bahwa kolaborasi digital dalam bentuk Digital Umrah Experience itu merupakan salah satu cara bagi Kerajaan Arab Saudi dalam memenuhi target tersebut. "Proses baru yang diharapkan terwujud melalui platform digital ini tidak akan menyentuh proses ibadahnya tetapi prosesnya berkaitan dengan kebutuhan lain seperti transportasi, makan, dan lainnya," tandas Rudiantara.

    FGD Umrah Digital

    Menteri Kominfo menyatakan tidak akan mengubah cara untuk menjalankan umrah, namun lebih pada upaya penyediaan kebutuhan pendukung dalam pelaksanaan ibadah umat Islam tersebut. “Sehingga dibutuhkan suatu proses atau cara baru bagaimana cara menjalankan umrah, terutama yang tidak berkaitan dengan proses ibadahnya, kalau ibadahnya mah pasti prosesnya dijalankan sesuai dengan peraturan beribadah tapi proses lainnya berkaitan dengan kebutuhan pokok kan luas seperti transportasi, makan,  dan lain sebagainya,” jelasnya.

    Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan masih perlu waktu untuk merealisasikan kolaborasi digital dalam mendukung pelaksanaan ibadah Umrah itu. Menurut data, dari total 10 juta, Indonesia baru menyumbang kira-kira 10% jemaah Umrah. “Indonesia menyumbang kurang lebih 10% kurang lebih ke Saudi Arabia, yang paling besar itu Pakistan,” tambah Rudiantara.

    Focus Group Discussion (FGD) Penyelenggaraan dan Sistem Pembayaran Haji dan Umrah Berbasis Online ini dihadiri oleh berbagai stakeholders penyelenggaraan Umrah. Ada Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN),  Soetrisno Bachir; Ketua Bidang SDM dan IT – Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji Indonesia (SAPUHI), Ihsaan Fauzi Rahman dan Direktur Bina Haji Khusus dan Umrah Kementerian Agama, Muhammad Arfi Hatim.

    Hadir pula Kabid Litbang Asosisasi Muslim Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Sugeng Wuryanto;  Presiden Direktur united Balimuda Group, Heppy Trenggono; Wakil Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) Mohammad Farid Al Jawi. Acara itu dimoderatori Ketua Kelompok Kerja Keuangan Dan Perbankan KEIN, Muhammad Syafii Antonio.

    FGD Umrah Online

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Video Tips Ketahui Tingkat Kejantanan Pria

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim dalam video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA