FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 07-2019

    1575

    MoU Pemanfaatan Data Kependudukan Dapat Dipertanggungjawabkan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan Nota kesepahaman atau MoU yang dilakukan pihaknya dengan lembaga lainnya dalam hal pemanfaatan data kependudukan adalah kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pasalnya, ada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan rekomendasi berkenaan dengan pemanfaatan tersebut.

    "MoU ini tidak asal, karena kalau dengan lembaga keuangan ada rekomendasi dari OJK. Selain itu, MoU ini juga dapat mencegah tindak kejahatan. Contohnya, misalnya ada yang mengajukan kredit atau membuka rekening, lembaga perbankan tersebut mencocokan KTP dengan server kemendagri untuk memastikan NIK nya benar atau tidak, alamatnya sesuai atau tidak, ini untuk menghindari masalah-masalah dan penipuan," kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Rabu (31/07/2019).

    Menanggapi pertanyaan wartawan perihal postingan netizen di media sosial tentang data kependudukan, pihaknya mengaku berterimakasih atas laporan tersebut dan akan menelusuri lebih lanjut kasus tersebut.

    "Laporan masyarakat kami follow up (tindaklanjuti), bahwa kalau kita diamkan, tidak lapor polisi bisa merajalela nanti tindak kejahatan, padahal negara bertanggungjawab melindungi setiap data kependudukan warga negara. Netizen ini jangan takut, kami mengucapkan terimakasih telah memberikan informasi," ungkapnya.

    Sementara itu, pelaporan kepada kepolisian ditujukan untuk mengejar penjual data bertujuan mengejar keterangan lebih lanjut.

    "Kami mengejar siapa yang menjual data ini, yang melempar sumber data kan pasti ditanya sumbernya darimana, bisa dipertanggungjawabkan atau tidak," tegasnya.

    Sumber

    Berita Terkait

    Dukung Pemanfaatan AI di Pemerintahan, Keamanan Jadi Prioritas

    Kejahatan masa depan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) membawa tantangan yang semakin kompleks. Ancaman seperti penyebaran Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 74 Persen

    Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti, mengungkapkan bahwa pembangunan struktur b Selengkapnya

    Perkuat Karakter Bangsa, Wapres Dorong Pendidikan Pancasila yang Kekinian

    Wapres menambahkan, metode pengajaran baru mengenai Pancasila dapat dimulai sejak pendidikan awal bagi anak. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA