FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 08-2019

    1211

    Denpasar, Kota Pertama Gelar Gerakan Sejuta Tumbler

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Komunikasi dan Informatika,  dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkolaborasi menggelar gerakan untuk mengurangi dampak penggunaan plastik. Gerakan Sejuta Tumbler itu pertama kali berlangsung di Denpasar, Bali, Kamis (1/8/2019).

    Gerakan itu, ditujukan untuk mengajak masyarakat menggunakan botol khusus minuman sebagai pengganti botol plastik sekali pakai untuk mengurangi sampah plastik. Tindakan itu diambil sesuai dengan adanya temuan Komunitas Divers Clean Action bahwa 63 persen sampah di lautan Indonesia berupa sampah plastik sekali pakai. 

    Pagi itu, di Pantai Matahari Terbit Denpasar, ratusan siswa sekolah, pemangku kepentingan, akademisi hingga komunitas dan lembaga di Kota Denpasar ikut aktif dalam gerakan itu.  Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary menyatakan pemilihan Denpasar sebagai kota pertama dilatari adanya komitmen Walikota Denpasar, Rai Mantra untuk melakukan gerakan bijak terhadap plastik. 

    "Hal ini tak terlepas dari komitmen Bapak Walikota dengan mengeluarkan Peraturan Walikota Nomor 36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Denpasar, dan telah diberlakukan sejak 1 Januri 2019 lalu," jelas Direktur Septriana.

    Walikota Rai Mantra mengatakan gerakan pengurangan plastik di Kota Denpasar telah dilakukan lewat penguatan Perwali 36 Tahun 2018 yang sebelumnya telah dilakukan riset oleh komunitas hijau di Kota Denpasar. Hal ini menjadi tantangan yang memberikan dampak pada masalah ekonomi, lingkungan dan kesehatan. 

    "Kami berterima kasih kepada Kementerian yang telah memilih Denpasar sebagai kota pertama dalam gerakan satu juta tumbler. Sehingga ini menjadi peningkatan harga diri masyarakat Denpasar yang dilihat baik dalam nasional dan internasioanl lewat kata-kata bijak plastik dari Denpasar untuk Indonesia," ujarnya, sembari mengatakan mari kita bijak menggunakan plastik. 

    Berita Terkait

    Temuan Gudang Kotak Suara Ganda Makassar? Itu Hoaks!

    Klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukannya gudang kotak suara ganda di Kota Makassar untuk kecurangan Pemilu 2024 adalah keliru dan tid Selengkapnya

    Awas Hoaks, KPU Coret Nama Gibran dan Jatuhkan Denda Rp50 Miliar

    Faktanya, klaim yang menyatakan bahwa KPU mencoret nama Gibran dari daftar Cawapres dan menjatuhkan denda Rp50 miliar tidak benar. Selengkapnya

    Ini Langkah Kominfo Dukung Implementasi UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

    Aplikasi untuk pelaporan diperlukan agar korban kasus kekerasan seksual bisa langsung melaporkan sendiri kejadian yang dialami. Selengkapnya

    [Berita Foto] Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

    Kominfo menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA