FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 08-2019

    166

    Kominfo Kaji Spektrum 2,6 Ghz untuk Jaringan 5G

    Kategori Sorotan Media | meit001

    KOMPAS.com - Kementerian Kominfo mengatakan saat ini tengah melakukan pengkajian terhadap penggunaan spektrum 2,6 Ghz (milimeter wave) untuk jaringan generasi kelima ( 5G).

    Menurut Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI, Denny Setiawan, saat ini penggunaan spektrum 2,6 Ghz masih terkendala, karena ada satelit yang beroperasi menggunakan spektrum tersebut.

    Menurut Denny, satelit tersebut masih akan beroperasi hingga 2024 mendatang, sehingga pemerintah saat ini harus mencari solusi yang tepat untuk mencoba spektrum yang potensial.

    Spektrum 2,6 Ghz sendiri memang telah digunakan di beberapa negara untuk menggelar jaringan 5G, seperti di Amerika Serikat dan China.

    "Untuk 2,6 Ghz seperti di AS, sekarang masih dalam kajian. Karena ada satelit yang beroperasi sampai 2024. Kami masih mengkaji solusinya sama seperti 3,5 Ghz juga. Semua yang potensial, dicoba dari sisi teknis," kata Denny dalam acara uji coba jaringan 5G XL Axiata di wilayah Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).

    Kendati demikian, Denny tidak menyebutkan kapan target pengkajian ini akan rampung. Adapun implementasi jaringan 5G untuk pasar konsumer diyakini akan dimulai pada 2024 mendatang.

    Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa kandidat utama spektrum yang akan digunakan sampai saat ini adalah spektrum 3,5 Ghz. Namun saat ini spektrum tersebut masih digunakan oleh satelit C-Band.

    Ia pun menambahkan jaringan 5G nantinya akan dibutuhkan oleh berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, dll. Rudiantara juga mengatakan, bahwa jaringan 5G memiliki potensi bisnis yang besar khususnya untuk B2B.

    "Korporasi mau bayar lebih tinggi untuk 5G, asalkan value-nya juga lebih tinggi. Operator saya harap bisa menguji coba menggunakan aplikasi. Jaringan 5G ini nantinya akan lebih banyak lari ke B2B," kata Rudiantara.

    sumber: kompas.com

    Berita Terkait

    Kemenkominfo dan LPS Bagikan 500 Set Up Box Gratis untuk Warga Perbatasan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan sejumlah lembaga penyiaran televisi swasta (LPS) menyerahkan 500 set up box secar Selengkapnya

    Kominfo-BNPT sepakati kerja sama berantas terorisme

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menandatangani nota kesepahaman, memorandum of action (MOU), dengan Badan Nasional Penanggu Selengkapnya

    Menkominfo Ingin KPI jadi Lembaga yang Disegani

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melantik jajaran pengurus Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI periode 2019-2022 di Gedung Kemk Selengkapnya

    Pemerintah Kampanye Lintas Sektor Cegah Stunting

    Pemerintah menyiapkan rencana bersama pelaksanaan kampanye lintas sektor untuk mendukung percepatan pencegahan stunting (kekerdilan) agar le Selengkapnya