FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 08-2019

    144

    Pemerintah Genjot Persiapan PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020

    KategoriBerita Pemerintahan | mth
    Menko PMK Puan Maharani memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) PON dan Peparnas Papua 2020 di Jakarta, Jumat (23/8/2019). - (kemekopmk)

    Jakarta, Kominfo -   Menjelang penyelenggaraan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2020, pemerintah telah melakukan serangkaian persiapan. Mulai penyediaan infrastruktur, penginapan atlet, konsumsi, kesehatan, hingga penyiapan moda transportasi.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menjelaskan bahwa berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) 10 Tahun 2017, pemerintah telah menyelesaikan sebagian infrastruktur yang diperlukan termasuk venue. 

    "Untuk penyelenggaraan kegiatan PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020 kita juga sudah menyiapkan kuota sesuai SK KONI sebanyak 7.157 atlet serta sejumlah panitia, wasit/juri, hingga tenaga administrasi," ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) PON dan Peparnas Papua 2020 di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

    Sementara itu, penginapan atlet masih dalam tahap perencanaan. Pemerintah Provinsi Papua akan menyiapkan dan memastikan akomodasi atlet standar bintang 3 (tiga) meliputi wilayah Biak, Jayawijaya, Mimika, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Merauke.

    "Untuk konsumsi selama event dihasilkan dari potensi tanah lokal Papua. Hal itu sesuai dengan kebijakan Gubernur Papua," tutur Puan.

    Di bidang kesehatan, dukungan pelayanan kesehatan sama dengan pelayanan kesehatan Asian Games 2018 dan pengendalian vektor penyakit oleh Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Transportasi yang dibutuhkan diperkirakan mencapai 754 unit dan disiapkan oleh Kementerian Perhubungan.

    Lebih lanjut, pemerintah pusat dan daerah telah melakukan sinkronisasi untuk penyediaan peralatan pertandingan. Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam hal ini menyiapkan anggaran sebesar Rp191 miliar.

    "Untuk keamanan, kami sudah berkoordinasi dengan TNI/Polri dan untuk teman-teman media kami juga akan menyediakan media center dan jaringan internet yang saat ini sedang dipersiapkan oleh Kominfo," pungkas Puan.

    Namun secara keseluruhan, Menko PMK memastikan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020 akan dilaksanakan pada 20 Oktober sampai 2 November 2020. Cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 47 cabang olahraga dan 69 disiplin/sub cabang olahraga dengan 768 nomor pertandingan.

    RTM PON XX dan Peparnas XVI Papua 2020 dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Perhubungan, Menteri Kesehatan, Menteri Perindustrian, Menteri Sosial, Kepala Bekraf, Kepala LKPP, Bupati Jayapura, serta beberapa perwakilan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terkait. 

    sumber

    Berita Terkait

    Komitmen Pemerintah Jadikan Pariwisata Nias Bertaraf Internasional

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berkomitmen untuk menjadikan kepulauan Nias sebagai gerbang destinasi wisata d Selengkapnya

    Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM Kelautan dan Perikanan

    Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kelautan dan perikanan. Upaya tersebut dilak Selengkapnya

    Presiden Minta Para Menteri Beri Layanan yang Baik Kepada Investor

    Presiden Joko Widodo mengatakan, jalan yang paling cepat dalam mengantisipasi terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi dan kemungkinan res Selengkapnya

    Pemerintah Gencar Tingkatkan Kompetensi SDM Industri Animasi dan Garmen

    Kementerian Perindustrian akan semakin giat menciptakan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten dalam upaya mendukung era ekonomi d Selengkapnya