FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2019

    306

    Kominfo-BNPT sepakati kerja sama berantas terorisme

    Kategori Sorotan Media | meit001

    Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menandatangani nota kesepahaman, memorandum of action (MOU), dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk bersama memberantas terorisme dan radikalisme terutama melalui dunia maya.

    "Kominfo sudah pasti mendukung aktivitas BNPT bagaimana merespons cepat isu terorisme. Salah satunya adalah bagaimana kita mengawasi atau menindak konten yang berkaitan dengan terorisme," kata Menkominfo Rudiantara saat penandatangan nota kesepahaman penanggulangan terorisme di Kompleks Kominfo, Rabu.

    Rudiantara menjelaskan selama ini Kominfo sudah bersinergi dengan BNPT untuk menanggulangi terorisme dan radikalisme di Indonesia meski pun bukan dalam bentuk yang formal. Kesepahaman ini, seperti dikatakan Rudiantara, akan meningkatkan kerja sama antara Kominfo dengan BNPT untuk terorisme.

    "Kita akan terus, diminta atau tidak diminta, mengatasi isu terorisme dan radikalisme," kata Rudiantara.

    Kepala BNPT Suhardi Alius, saat memberi sambutan di acara yang sama, menyatakan kesepahaman ini akan diterjemahkan dalam aksi antara lain penangangna konten negatif dan pertukaran data serta informasi terkait isu terorisme dan radikalisme.

    "Radikalisme dan terorisme musuh kita bersama," kata Suhardi.

    Kerja sama ini akan menyoroti dunia maya karena isu radikalisme dan terorisme pun dapat tersebar melalui platform digital, BNPT khawatir radikalisme dan terorisme masuk ke generasi muda melalui dunia maya.

    "Bahaya radikalisme dan terorisme pun tersebar di dunia maya. Jangan sampai menyentuh generasi muda," kata Suhardi.

    Kementerian Kominfo menapis situs dan konten negatif, termasuk yang berkaitan dengan terorisme dan radikalisme, dengan bantuan mesin AIS yang bekerja memantau jejaring sosial selama 24 jam penuh.

    sumber : antaranews.com

    Berita Terkait

    Kemkop UKM dan Bakti Kominfo jalin kerjasama garap digitalisasi koperasi

    KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM) bergerak cepat untuk bisa mewujudkan koperasi yang memanfaatkan teknologi d Selengkapnya

    Kominfo dan BUMN Tingkatkan Konektivitas Internet di 5 Destinasi Super Prioritas

    Koordinasi dan sinergitas menjadi perhatian utama pemerintah dalam pengembangan pariwisata pada 5 Destinasi Super Prioritas. Menteri Komunik Selengkapnya

    Kominfo salurkan bantuan untuk korban banjir Jabodetabek

    Jakarta (-) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyalurkan bantuan dari mitra mereka kepada warga yang terdampak banjir yang melanda Selengkapnya

    Kemkominfo Terima 107 Aduan ASN Terpapar Radikalisme

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pihaknya telah menerima banyak aduan terkait dugaan aparatur sipil Selengkapnya